visitaaponce.com

Kawasan Pesisir Kalsel Mulai Kekeringan

Kawasan Pesisir Kalsel Mulai Kekeringan
Ilustrasi kekeringan.(ANTARA/ABRIAWAN ABHE )

KAWASAN pesisir di Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang dipengaruhi El Nino. Pemerintah akan membangun lumbung pangan di tiap kabupaten/kota di Kalsel.

"Kawasan pesisir sangat rawan mengalami kekeringan saat kemarau. Sejauh ini warga mulai kesulitan mendapatkan aiar bersih karena sumur-sumur warga mengering," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Warsita, Selasa (8/8).

Dikatakan Warsita, pihaknya telah mempersiapkan langkah-langkah penanganan ancaman kekeringan ini, salah satunya distribusi air bersih ke masyarakat. Daerah pesisir di Kabupaten Banjar yang rawan kekeringan setiap musim kemarau yaitu Kecamatan Aluh-aluh, Tatah Makmur dan Beruntung Baru.

Baca juga: Gerakan Nasional Penanganan Dampak El Nino Dimulai di Sumatera Selatan

Selain itu kekeringan juga kerap melanda wilayah Kecamatan Martapura, Karang Intan dan Martapura Barat. Dari informasi yang dihimpun Media Indonesia, masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Kotabaru seperti Pulau Laut Utara, Pulau Laut Tengah dan Pulau Laut Sigam juga mengalami krisis air bersih.

Sementara dari data BPBD Kalsel, tercatat setidaknya ada lima kabupaten di yang rawan kekeringan, yaitu Banjar, Barito Kuala, Balangan, Kotabaru, dan Tanah Laut.

Baca juga: SDG Gelar Pelatihan Tanggap Bencana Banjir Rob untuk Warga Pesisir di Kalsel

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan Kementerian Pertanian akan membangun lumbung pangan di tiap kabupaten/kota di Kalsel guna menghadapi dampak perubahan iklim dan El Nino terhadap ketahanan pangan di daerah.

Selain itu pemerintah juga akan mengucurkan dana bantuan untuk mendukung peningkatan kehatanan pangan senilai Rp66,53 miliar di Kalsel di antaranya untuk bidang tanaman pangan juga peternakan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat