visitaaponce.com

Bencana Kekeringan Dominan Terjadi di Jawa Barat

Bencana Kekeringan Dominan Terjadi di Jawa Barat
Kondisi embung Brumbung yang mengering(Antara)

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BNPB, kekeringan saat ini dominan dialami di sebagian wilayah Jawa Barat, dan mayoritas kabupaten atau kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Hingga saat ini pemerintah daerah telah melakukan langkah cepat untuk distribusi air bersih dalam memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Ini sifatnya jangka pendek mengikuti dinamika dan kondisi di lapangan. BNPB menyiapkan unit-unit mobil tangki jika daerah membutuhkan tambahan moda distribusi air bersih,” ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (13/8).

Baca juga : Sulsel Percepat Masa Tanam Antisipasi El Nino

Selain itu, Suharyanto menambahkan jika kondisi awan memungkinkan dan jika ada permintaan dari daerah, BNPB telah dan akan terus melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca juga : Hari Tanpa Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla

Namun demikian, upaya ini dikatakan sangat bergantung pada ketersediaan awan hujan yang dalam 1 bulan terakhir sangat sulit dilakukan untuk kawasan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara karena sudah dalam periode puncak kemarau.

“Untuk jangka panjang, BNPB akan mendukung upaya rehabilitasi ekosistem agar daerah serapan air lebih baik untuk menghadapi kemarau di tahun-tahun mendatang,” tegas Suharyanto. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat