visitaaponce.com

Peringati HUT RI, Polbangtan Bogor Gelar Kontes Hewan Peliharaan

Peringati HUT RI, Polbangtan Bogor Gelar Kontes Hewan Peliharaan
Bertepatan dengan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Polbangtan Bogor menggelar kontes hewan peliharaan.(Ist)

PARA mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor tidak pernah habis kreasi untuk meramaikan rangkaian Dies Natalis sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI).

Program Studi (Prodi) Kesehatan Hewan Jurusan Peternakan mengadakan kontes kecantikan hewan pemeliharaan khususnya kucing, belum lama ini, di Klinik Hewan Pendidikan Polbangtan Bogor. Kontes fokus pada kucing-kucing domestik yang dimiliki oleh pegawai dan mahasiswa Polbangtan Bogor.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

Baca juga: Cara Terampuh Hilangkan Bau Hewan Peliharaan di Rumah

Menurut Mentan SYL, pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur.

“Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru," kata Mentan Syahrul.

Pendapat senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi.

“Kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT RI kali diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas,” katanya.

Baca juga: Aston Sentul Gelar Petscation, Ajang Edukasi tentang Hewan Peliharaan

Kompetisi tersebut merupakan ajang perdana yang digelar Polbangtan Bogor untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 sekaligus menumbuhkan rasa kecintaan dan kepedulian terhadap hewan kesayangan.

Ketua Jurusan Peternakan Polbangtan Bogor, Arif mengatakan kontes baru pertama kali diadakan Klinik Hewan Pendidikan, kendati demikian menarik perhatian pecinta kucing lokal. 

"Semoga dapat dilaksanakan rutin setiap tahun, sehingga mengedukasi masyarakat bahwa kucing lokal yang dipelihara baik, tidak kalah cantik dan menarik dari ras kucing impor,” katanya.

Menurutnya, sebagai kegiatan perdana dan terbatas hanya lingkup internal, total peserta baru tujuh orang, kesemuanya adalah hewan peliharaan mahasiswa.

Baca juga: Puluhan Kucing di Tanjung Priok Mati, Dinas KPKP DKI Lakukan Nekropsi

Alifa, mahasiswa Prodi Kesehatan Hewan sekaligus Ketua Pelaksana mengatakan kontes tersebut tergolong unik.

“Kami mensyaratkan, harus kucing domestik atau campuran domestik (mixdom). Aspek penilaian tentang penampilan, kesehatan, kebersihan, dan temperamen kucing. Kami juga memberikan pita merah putih kepada kontestan bila keempat aspek tersebut dinilai baik,” katanya.

Selain dilombakan, kompetisi juga memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada penonton dan peserta tentang bagaimana cara merawat kucing yang baik.

Dokter Hewan Penanggung Jawab Klinik Hewan Pendidikan, Endang Endrakasih mengatakan banyak orang yang hanya gemar memelihara kucing namun kurang memahami perawatan yang benar.

Penyuluhan Perawatan Kucing

"Penyuluhan tentang perawatan kucing yang baik juga disisipkan dalam kontes, untuk meningkatkan kesejahteraan hewan,” katanya.

Baca juga: DKPP Kota Bandung Adakan Vaksinasi Anti Rabies Gratis

Dela, salah satu peserta kontes mengaku senang dan bangga mengikuti kompetisi tersebut tahun ini. Pasalnya, stigma masyarakat tentang kucing domestik kurang baik karena tidak terawat.

“Keren banget dari segi konsep sampai penilaian. Event yg diadakan klinik hewan berhasil menaikkan value kucing domestik jadi lebih kece dan bernilai. Terima kasih klinik hewan Polbangtan Bogor,” katanya.

Adapun pengumuman juara kontes kecantikan diumumkan serentak dengan pengumuman kejuaraan lomba lainnya pada upacara Hari Kemerdekaan RI, pad Kamis, 17 Agustus 2023 lalu. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat