visitaaponce.com

Progres Pembangunan Flyover Aloha Sudah Capai 70 Persen

Progres Pembangunan Flyover Aloha Sudah Capai 70 Persen
Pembangunan Flyover Aloha.(MI/HERI SUSETYO)

PROYEK pembangunan Flyover Aloha-Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur saat ini sudah mencapai 70 persen. Pada 27-29 Agustus besok, akan dilakukan pemasangan erection girder, sehingga arus lalu lintas dari arah Surabaya ke Sidoarjo harus dialihkan.

Pembangunan Flyover Aloha yang dimaksudkan untuk mengurai kemacetan ini, ditargetkan selesai pada April 2024. Namun, pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang, Flyover Aloha ini ditargetkan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.
 
Flyover Aloha dibangun untuk mengurai keruwetan lalu lintas, yang biasa terjadi di Bundaran Aloha. Ruwetnya lalu lintas di Bundaran Aloha, berdampak pada kemacetan dari Surabaya ke Sidoarjo dan sebaliknya. Termasuk lalu lintas kendaraan yang menuju Bandara Juanda, maupun yang keluar dari bandara.

Baca juga: Jembatan Cibiru Diresmikan Permudah Akses Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

"Jalan Raya Waru arah Surabaya ke Sidoarjo bakal ditutup, pada 27-29 Agustus antara pukul 12 malam hingga 5 pagi. Jadi tidak ditutup total," kata Pejabat Pembuat Komitmen Pelaksanaan Jalan Nasional I Made Gede Widhiyasa, Jumat (25/8).
 
Arus lalu lintas dari Sidoarjo ke arah Surabaya tetap dibuka. Lalu lintas dari Surabaya ke Sidoarjo dibelokkan arah Juanda. Selanjutnya putar balik arah Sidoarjo, dan melewati jalur frontage.
 
Balok girder yang dipasang di sisi selatan untuk menyambung jalan bagian atas, tepatnya di perlintasan rel kereta api. Total ada tiga girder yang akan dipasang di sisi selatan ini. Setiap balok girder sepanjang 40 meter, dan memiliki berat 40 ton.

Baca juga: Antisipasi Antraks, Pempov Kalsel Perketat Lalu Lintas Ternak
 
Flyover Aloha nantinya akan berubah nama menjadi Flyover Djuanda yang merupakan usulan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Hal itu untuk mengingat pada sisi barat flyover terdapat monument Ir Djuanda dan lokasinya berdekatan dengan Bandara Internasional Juanda.

Flyover tersebut memiliki total panjang jembatan 858 meter. Terdiri dari flyover A (Sidoarjo-Juanda) sepanjang 435 meter dan flyover B (Juanda-Surabaya) sepanjang 423 meter. Lebar jembatan 9 meter dan terdiri dari 2 lajur dengan lebar masing-masing 3,5 meter. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat