visitaaponce.com

Petani CSA Deli Serdang Fokus Hilirisasi Produk Bersama Kelembagaan Ekonomi Petani

Petani CSA Deli Serdang Fokus Hilirisasi Produk Bersama Kelembagaan Ekonomi Petani
Petani CSA Deli Serdang, Sumut antusias mengikuti Bimtek.(Ist)

PARA petani di seluruh Indonesia terus didorong Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk mengembangkan produk hilir (off farm), tidak terpaku pada budi daya tanaman (on farm) saja.

Pasalnya, hilirisasi produk memberi keuntungan lebih besar ketimbang petani menjual produk mentahan (raw material) didukung jaringan pemasaran dari Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) melalui marketing linkage dalam jejaring pasar.

Seruan Mentan Syahrul merupakan implementasi kebijakan Presiden Joko Widodo yang mendorong para pelaku utama dan pelaku usaha subsektor ekonomi, mulai pertambangan hingga pertanian, untuk mengembangkan produk hilir disertai pengembangan keterkaitan pemasaran (marketing linkage).

Baca juga: Petani CSA Deli Serdang, Sumut antusias mengikuti Bimtek

Upaya tersebut dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) bagi petani di Laboratorium Lapang Scalling Up dari Pertanian Cerdas Iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA) di seluruh Indonesia seperti di antaranya petani CSA di Kabupaten Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Petani CSA Ikuti Bimbingan Teknis

Hari-hari ini, para petani CSA Deli Serdang di Kecamatan Lubuk Pakam mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk 'Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) melalui Marketing Linkage dalam Jejaring Pasar' yang digelar oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanjung Garbus di bawah koordinasi Tim SIMURP Sumut.

Langkah dan upaya petani CSA Deli Serdang di Lubuk Pakam sejalan arahan Mentan Syahrul kepada petani dari lokasi CSA wilayah Program SIMURP, untuk mengembangkan produk hilir melalui inovasi produk sehingga disukai konsumen.

Baca juga: Petani CSA Serdang Bedagai Capai Produktivitas 8,6 Ton/Ha Gabah Kering Panen

"Jangan lupa cantumkan alamat lengkap produk agar mudah didapat konsumen, sertakan pula kandungan produknya agar diketahui konsumen sehingga yakin bahwa produk tersebut berkualitas," kata Mentan saat mengunjungi Stand SIMURP di Penas Padang pada medio Juni lalu.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus mendorong usaha pertanian berorientasi pasar dan menghasilkan cuan.  Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa 

"Bisnis pertanian wajib berorientasi pasar. Kebutuhan pangan pasti tidak akan pernah berkurang, sehingga pertanian tidak boleh berhenti untuk memenuhi kebutuhan rakyat," katanya.

Baca juga: El Nino Mengintai, Petani Pinrang Sulsel Terapkan Teknologi Cerdas Iklim CSA

Dedi Nursyamsi mengingatkan, sudah saatnya agribisnis berorientasi pada pasar dan tidak hanya berkutat pada on farm saja, petani didampingi penyuluh harus jeli melihat peluang pasar melalui jejaring pemasaran.

Kementan bersama SIMURP didampingi Koordinator BPP Tanjung Garbus, Nurhasanah Pane mengajak para petani CSA di Lubuk Pakam tentang Marketing Linkage, dengan mengetahui dan mengenali faktor-faktor yang mempengaruhi  pelaksanaan kebijakan penyaluran melalui Lembaga Linkage dengan pola channeling maupun executing dari sisi ketentuan, kelembagaan dan aspek lainnya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat