visitaaponce.com

Kekeringan Akibat El Nino Meluas di Klaten, BPBD Gencarkan Salurkan Air Bersih

Kekeringan Akibat El Nino Meluas di Klaten, BPBD Gencarkan Salurkan Air Bersih
Droping air bersih BPBD Klaten di Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang.(MI/Djoko Sardjono)

KRISIS air bersih dampak El Nino di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meluas di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom. Sehingga, jumlah desa kekeringan di Klaten kini bertambah menjadi 10 desa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Rujedy Endro Suseno, mengatakan krisis air bersih di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Rabu (30/8) mulai mendapat droping air.

Droping air bersih ke Desa Bandungan, selain untuk membantu kebutuhan warga juga menyasar ke sekolah, masjid, dan gereja yang ada di desa tersebut. Untuk itu, enam tangki air telah tersalurkan hari ini.

Baca juga : Bupati Klaten Membuka KBMKB XVII/2023 di Desa Beteng 

Dengan demikian, kekeringan di Klaten kini menjadi 10 desa, yakni Desa Kendalsari, Sidorejo, Tangkil, Tlogorejo, Tegalmulyo di Kecamatan Kemalang, Jambakan dan Ngerangan (Bayat), Sembung (Wedi), Jimbung (Kalikotes), dan Bandungan (Jatinom).

“Untuk membantu warga 10 desa kekeringan itu, BPBD Klaten hingga hari ini telah menyalurkan air bersih total sebanyak 259 tangki atau 1.295.000 liter,” kata Rujedy.

Baca juga : Komite Karawitan Dewan Kesenian Klaten Gelar Karya Gending Seniman Lokal

Bupati Klaten pun telah menetapkan Kabupaten Klaten siaga darurat bencana kekeringan mulai 1 Juni sampai 31 Oktober 2023. Adapun kegiatan droping air BPBD Klaten telah dimulai 8 Juni 2023. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat