visitaaponce.com

Polda Riau Tangkap 88 Warga Tiongkok karena Penipuan Cinta

Polda Riau Tangkap 88 Warga Tiongkok karena Penipuan Cinta
Sekelompok warga negara Tiongkok yang ditangkap dalam penggerebekan polisi karena dicurigai menjalankan sindikat penipuan cinta online.(AFP.)

KEPOLISIAN Daerah Riau menangkap puluhan warga negara Tiongkok. Mereka dicurigai menjalankan sindikat penipuan cinta online yang menjerat ratusan korban di Tiongkok.

Berdasarkan informasi dari rekan-rekan mereka di Tiongkok, polisi menangkap 83 pria dan 5 wanita di suatu kawasan industri di kota Batam, Kepulauan Riau, pada Selasa (29/8/2023).

Polisi mengatakan sindikat tersebut memeras ratusan korban di Tiongkok. Banyak di antara mereka ialah pejabat publik.

Baca juga: Mendag AS Nilai Bisnis di Tiongkok terlalu Berisiko bagi Perusahaan

"Kami sedang menyelidiki apakah ada WNI di antara korban. Jika tidak ada, penipu akan segera dideportasi," kata juru bicara Polda Kepri Zahwani Pandra Arsyad kepada AFP, Rabu (30/8/2023).

Para tersangka penipuan berpura-pura memiliki perasaan romantis terhadap korbannya selama panggilan video.

Baca juga: Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai Jadi Cagar Budaya, Ini Jejak Historisnya

Para wanita penipu tersebut dituduh merayu para korban sebelum meminta mereka melakukan tindakan seksual selama panggilan berlangsung. Sementara tersangka lain merekam video tersebut.

Para tersangka kemudian diduga memeras korbannya dengan mengancam akan menyebarkan video tersebut di media sosial jika korban menolak mengirimkan uang.

Tidak jelas lama kelompok ini telah beroperasi dan pendapatan yang mereka peroleh.

Polisi sebelumnya mengatakan banyak penipu telah pindah ke Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lain setelah Tiongkok menindak jaringan domestik.

Pada 2019, polisi menangkap 85 warga negara Tiongkok dan enam warga negara Indonesia atas penipuan online yang menipu korban hingga jutaan dolar AS. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat