visitaaponce.com

Ribuan Warga Terserang ISPA Akibat Kabut Asap

Ribuan Warga Terserang ISPA Akibat Kabut Asap
Sebanyak 3.635 kasus ISPA terjadi sepanjang Agustus 2023 akibat kabut asap di Kalsel.(MI/Usman Iskandar)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) yang terus berlangsung di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi penyebab kabut asap dan peningkatan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Di Kota Banjarbaru, ibu kota Kalsel ribuan warga terserang ISPA dampak dari kabut asap.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, kasus ISPA pada Juli 2023 sebanyak 2.793 kasus dan meningkat menjadi 3.635 kasus pada Agustus 2023. Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Banjarbaru, Shanti Eka Septiani, Rabu (6/9), mengatakan pihaknya telah menghimbau warga untuk menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah seiring semakin menurunnya kualitas udara Kota Banjarbaru dalam beberapa waktu terakhir.

"Kualitas udara Kota Banjarbaru saat ini masih berada pada level sedang, namun beberapa parameter kritis menunjukan penurunan kualitas udara yang perlu diwaspadai," tutur Shanti.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Pusat Koordinasi dan Kendali Asap Lintas Batas ASEAN

Senada Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diadudin yang mengatakan kabut asap dapat menurunkan kualitas udara (ISPU)dan mempengaruhi kesehatan masyarakat terutama saluran pernafasan. "Kita himbau warga untuk menggunakan masker untuk menghindari dampak kabut asap pada kesehatan," ujarnya.

Pada bagian lain serangan kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru telah mengganggu aktivitas dan jadwal sejumlah penerbangan pagi pada Selasa (5/9). 

Baca juga: Titik Panas Karhutla Sumatra Tembus 853 Titik

"Kemarin jadwal penerbangan sempat terganggu. Hari ini Rabu (6/9) penerbangan kembali normal, di mana kabut asap tidak pekat dengan jarak pandang pada pukul 07.30 wita 1.000 meter," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru, Iwan Risdianto,

Diakuinya dalam beberapa waktu terakhir kawasan Bandara Syamsudin Noor diselimuti kabut asap akibat masih terjadinya karhutla di daerah sekitar bandara. Data BPBD Kalsel, Selasa (5/9) karhutla terjadi di enam kabupaten/kota di Kalsel yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat