visitaaponce.com

PMI Jatim Kirim Satu Tangki Air Bersih ke Pamekasan

PMI Jatim Kirim Satu Tangki Air  Bersih ke Pamekasan
Ilustrasi. Petugas PMI mengisi air ke dalam ember dan galon air milik warga di Desa Buata, Kabupaten Bone Bolango.(ANTARA/ADIWINATA SOLIHIN)

KEKERINGAN yang terus berlarut di sejumlah daerah Jawa Timur, mendapat reaksi dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur. Mereka pada Kamis (14/9) langsung mengirimkan bantuan air bersih ke sejumlah daerah di Jawa Timur.

Di antara bantuan yang diberikan PMI adalah bantuan air bersih dengan mengirimkan mobil tangki air ke daerah yang kekeringan untuk membantu warga menyediakan air bersih.

"Dari 38 kabupaten dan kota di Jatim 20 daerah mengalami kekeringan. Lumajang menjadi salah satu yang menonjol. Di Pamekasan ada tujuh kecamatan yang mengalami kekeringan," kata Ketua PMI Jatim Imam Utomo di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Kekeringan di Temanggung Meluas hingga 10 Kecamatan

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, terdapat sebanyak 321 dusun di 77 desa yang tersebar di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan, alami kekeringan akibat kemarau tahun ini.

"Sementara hanya terdapat dua kecamatan berbeda di Pamekasan, dinyatakan bebas dari kekeringan. Kedua kecamatan tersebut di kecamatan Pakong, dan Kecamatan Pamekasan," ujarnya.

Baca juga: Kekeringan Ekstrem, Pantura Jateng Waspada Karhutla

Ketua PMI Kabupaten Pamekasan, Sigit Yulianto menambahkan, pelayanan yang sifatnya mendesak, selalu menjadi prioritas. "Saat ini kita mendapat pinjaman tangki air dari PMI Jatim untuk menyalurkan air bersih seperti di Desa Padegagan Kecamatan Pademawu.

Dari 13 Kecamatan di Pamekasan tujuh desa cenderung kekeringan, PMI Jatim membantu satu unit mobil tangki. Pihaknya menyiapkan satu unit armada tangki untuk mendistribusikan air bersih gratis ke sejumlah titik terdampak kekeringan di Pamekasan.

"Berdasar schedule yang ditetapkan, kita memprioritaskan pengiriman air bersih gratis di empat kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi Kecamatan Galis, Larangan, Pademawu, dan Tlanakan," ungkapnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat