visitaaponce.com

Si Jago Merah Bakar Hutan di Banyumas

Si Jago Merah Bakar Hutan di Banyumas
Ilustrasi. Petugas dari BPBD berusaha memadamkan kebakaran lahan.(ANTARA/NOVA WAHYUDI)

KEBAKARAN hutan melanda kawasan hutan dengan luasan 8 hektare di dua desa di Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, yakni Batuanten dan Kasegeran, pada Rabu (13/9) malam. Kebakaran di hutan milik 
Perhutani tersebut berhasil dipadamkan setelah tim gabungan melaksanakan pemadaman hingga 5 jam.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan areal hutan milik Perhutani yang terbakar berada di perbatasan antara Desa Batuanten dengan Kasegeran di Cilongok.

"Kebakaran bermula di Desa Batuanten sekitar jam 17.30 WIB. Kemudian api merembet hingga kawasan hutan di desa setempat seluas 7 hektare. Kemudian api membesar sampai ke wilayah Desa Kasegeran dengan luasan 1 ha," jelas Budi pada Kamis (14/9).

Baca juga: Titik Panas Karhutla Sumatra Tembus 446 Titik, Paling Banyak Sumsel

Menurut Budi, tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD dan relawan bersama-sama berusaha untuk memadamkan api. "Berkat kesigapan tim gabungan, api yang membakar hutan di Desa Batuanten berhasil dipadamkan pada 20.30 WIB. Kemudian di Desa Kasegeran 22.30 WIB," katanya.

Budi mengatakan bahwa penyebab kebakaran belum dapat diketahui. Dia meminta kepada masyarakat di sekitar wilayah hutan untuk terus waspada, jangan sampai bermain api di sekitar kawasan hutan.

Baca juga: Mahasiswa Tuntut Gubernur Kalsel Atasi Karhutla

Sementara Wakil Kepala Polresta Banyumas AKB Hendri Yulianto memberi arahan ke anggotanya terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang ada di wilayah Banyumas baik dalam hal kesiapan personel serta sosialisai pencegahan kepada masyarakat.

"Tolong para Kapolsek untuk melakukan sosialisasi kepada warganya agar tidak melakukan pembakaran ketika akan membuka lahan atau membakar sampah di lahan kosong dikarenakan sekarang cuaca kemarau yang dapat menyebabkan kebakaran hutan ataupun lahan," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat