visitaaponce.com

Bandara Wiriadinata Mulai Oktober Layani Penerbangan Tasikmalaya-Jakarta

Bandara Wiriadinata Mulai Oktober Layani Penerbangan Tasikmalaya-Jakarta
Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.(Dok Lanud Wiriadinata/MI/Kristiadi.)

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya bersepakat dengan maskapai Citilink untuk membuka layanan penerbangan komersial rute Bandara Wiriadinata Tasikmalaya-Halim Perdana Kusuma Jakarta. Rencananya, operasional layanan penerbangan pada Oktober 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Jamaludin, mengatakan Bandara Wiriadinata akan membuka layanan penerbangan dari maskapai Citilink. Rencana itu akan dioperasikan mulai 2 Oktober 2023. Penerbangan rute Bandara Wiriadinata-Halim Perdana Kusuma akan menggunakan pesawat model ATR 72-600 dengan kapasitas 70 kursi penumpang yang juga punya fasilitas kargo.

"Untuk jadwalnya sudah tersampaikan melalui media sosial dan mudah-mudahan tidak ada halangan lagi. Karena itu, rencananya layanan penerbangan dibuka dua hari yaitu Senin dan Sabtu dengan harga tiket sebesar Rp899 ribu," katanya, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Pelanggan Habisi Nyawa Wanita dari Prostitusi Online di Tasikmalaya

Kerja sama yang dilakukan Pemkot Tasikmalaya dengan maskapai Citilink sepenuhnya menggunakan skema business-to-business (B2B). Ini berarti tidak ada subsidi yang ditanggung pemerintah, terutama dalam operasional penerbangan. Layanan penerbangan komersial itu diharapkan memudahkan mobilitas masyarakat.

"Operasi layanan penerbangan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya supaya mendorong aktivitas perekonomian, termasuk pebisnis di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Banjar, dan Pangandaran. Dampaknya nanti meningkatkan iklim investasi di Kota Tasikmalaya. Ke depan, rute tersebut bisa ditambah dan yang penting sekarang bisa beroperasi," ujarnya.

Baca juga: Polisi Cek Titik Panas di Banyuasin secara Intensif

Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, beroperasinya layanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata merupakan hasil kerja keras semua pihak. Pembukaan layanan transportasi udara itu merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah di Priangan Timur.

"Pemerintah daerah tetap menyambut baik masuknya maskapai Citilink dan keberadaan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya juga bisa memiliki potensi yang besar terutama dalam sisi perdagangan dan pariwisata. Kami juga memiliki sejumlah hotel dan berharap jika penerbangan beroperasi dapat meningkatkan pendapatan asli daerah," paparnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat