visitaaponce.com

Aruna Berkontribusi dalam Perbaikan Perikanan Rajungan di Kalimantan Timur

Aruna Berkontribusi dalam Perbaikan Perikanan Rajungan di Kalimantan Timur 
Aruna bantu perbaiki komoditas rajungan di Kaltim(Dok. Ist)

ARUNA, pionir integrated fisheries commerce di Indonesia, bersama pemangku kebijakan di Kalimantan Timur membentuk panel konsultatif dan kesepakan rencana aksi perbaikan perikanan komoditas rajungan. Tentunya, rangkaian kegiatan ini akan memberikan dampak yang baik bagi potensi perikanan rajungan di Kalimantan Timur.

Kegiatan ini dilaksanakan Aruna sebagai salah satu pendukung pemenuhan syarat dalam proses memperoleh sertifikasi MSC yang sebelumnya telah dilakukan Aruna pada awal tahun lalu berupa kegiatan pre-assessment. 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perikanan Tingakt 1 yang dimana bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemahaman pemangku kepentingan mengenai standar sertifikasi MSC untuk mewujudkan perikanan berkelanjutan di Kalimantan Timur.

Baca juga: Aruna Terpilih Ramaikan ASEAN Online Sale Day

Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan di Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Idnillah mengatakan, pihaknya mendukung penuh inisiasi aruna untuk melakukan program perbaikan perikanan rajungan di provinsi Kaltim. Hal ini dapat  meningkatkan kualitas ketertelusuran hasil perikanan, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. 

“Harapan kami, program ini juga dapat mendorong penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan dan mengoptimalkan legalitas kapal penangkapan ikan,” kata dia. 

Baca juga: Aruna Terpilih Ikuti Pelatihan UNDP: Regional Human Rights Due Diligence Training

Adapun hasil dari rangkaian keseluruhan agenda merumuskan terbentuknya panel konsultatif pengurus pengelolaan Rajungan Kalimantan Timur dan Rencana Aksi program perbaikan perikanan Rajungan (Fisheries Improvement Progress). Ini merupakan inisiatif yang baik sebagai upaya untuk mengelola sumber daya perikanan yang berkelanjutan, sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. 

“Diharapkan, rangkaian agenda ini tak hanya mampu meningkatkan daya saing produk perikanan, tetapi juga memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” kata dia. 

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty mengatakan, Aruna berharap, bahwa melalui rapat pemangku kepentingan ini,  dapat berkolaborasi dengan lebih banyak pemangku kepentingan, sekaligus bekerja sama melalui fungsi di panel konsultatif. 

“Semoga kita tak hanya dapat menyusun rencana strategis untuk pengelolaan perikanan rajungan berkelanjutan, tetapi juga secara konsisten merealisasikannya bersama-sama,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat