visitaaponce.com

Bukit Lanap di Lahat Sumsel Terbakar

Bukit Lanap di Lahat Sumsel Terbakar
Kebakaran di Bukit Lanap, Bukit Barisan, Sumatera Selatan.(MI)

DIPICU cuaca panas ekstrem, puncak bukit Lanap di kawasan Bukit Barisan, Lahat, Sumatra Selatan terbakar hebat. Kebakaran itu sudah berlangsung sejak Jumat (29/9) dan masih terbakar hingga saat ini, Sabtu, (30/9) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel, M Iqbal Alisyahbana mengatakan kebakaran hutan dan lahan terjadi di Bukit Lanap, Merapi Selatan, Lahat lantaran cuaca yang panas sementara cukup banyak material ranting kering di lokasi tersebut.

"Kebakaran menjalar dengan cepat. Luasan yang terbakar sudah mencapai 3 hektar. Ini merupakan kebakaran yang terjadi di kawasan Bukit Barisan, sudah dilakukan upaya pemadaman dengan cepat agar kebakaran di lokasi tersebut tidak makin meluas," kata Iqbal, Sabtu (30/9).

Baca juga: Kebakaran di Gunung Putri dan Gunung Guntur Garut Berhasil Dipadamkan

Ia menjelaskan, karhutla yang terjadi di Bukit Lanap itu tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Hanya saja, tim pemadam karhutla di lapangan harus gerak cepat memadamkan api sebab angin cukup kencang.

"Tim semaksimal mungkin memadamkan api, meski sumber air cukup jauh. Akses tim di lapangan untuk menuju lokasi terbakar pun cukup jauh. Namun tim di lapangan sudah dibantu oleh masyarakat sekitar dan juga TNI, Polri, Manggala Agni, dalam memadamkan karhutla," kata dia.

Baca juga: Karhutla di Sumsel Merambat Hingga ke Rumah Warga

Diakui Iqbal, kondisi di lapangan memang belum padam, namun api di lahan tersebut sudah tidak sebesar kemarin.

"Meski begitu kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam mengelola api. Baik untuk membakar sampah maupun membuka lahan. Sebab saat ini sedang musim kemarau ditambah fenomena El Nino, sehingga mudah dan cepat terbakar," jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga sedang mengupayakan pemadaman karhutla di berbagai kabupaten dan kota. Terutama di Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir.

"Sekarang fokus upaya pemadaman kita di OKI. Karena saat ini kebakaran lahan sudah terjadi di lahan gambut," kata dia.

Bahkan karhutla di OKI pun menyebar luas, mulai dari Kecamatan Pedamaran Timur, Tulung Selapan, Cengal, Padang Sugihan, hingga Jungkal.

"Kami sekarang memaksimalkan 5 helikopter water bombing. Sementara 1 helikopter water bombing masih maintenance. Pemadaman lewat udara masif dilakukan mengingat karhutla ini berada di area yang sulit dijangkau tim darat," kata dia.

Sementara itu, pihaknya pun sedang berupaya keras agar bisa melakukan TMC kembali di Sumsel.

"TMC akan dilakukan pada Senin (1/10/2203). Diprediksi awan penghujan masih ada dan ditemukan sehingga hujan buatan bisa dilakukan di wilayah Sumsel," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat