visitaaponce.com

FKUB Wadah Membangun Kebersamaan dan Kerukunan di Klaten

FKUB Wadah Membangun Kebersamaan dan Kerukunan di Klaten
Ilustrasi tokoh lintas agama berikrar menjaga kerukunan dan perdamaian di Indonesia.(ANTARA/MOHAMAD HAMZAH)

BUPATI Klaten Sri Mulyanimeminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten  Klaten, Jawa Tengah, sebagai wadah berhimpunnya para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat untuk membangun kebersamaan dalam merawat kerukunan.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani pada acara Musyawarah FKUB Kabupaten Klaten di RM Semego Desa Wunut, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Selasa  (17/10).

"Kita berharap FKUB Kabupaten Klaten mampu membangun kebersamaan dalam  merawat kerukunan umat beragama untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan damai menjelang Pemilu 2024," katanya.

Baca juga: Cegah Perundungan, Polres Klaten Giatkan Pembinaan dan Penyuluhan Pelajar

Untuk itu, lanjut Sri Mulyani, tokoh agama dan tokoh masyarakat melalui FKUB bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam  membangun kebersamaan antarumat beragama di Klaten.

"Guna menciptakan kebersamaan dan kerukunan, tentu perlu ada dialog antarumat beragama dan intern umat beragama, serta saling menghormati dan menghargai keyakinan masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Klaten Syamsuddin Asyrofi mengatakan bahwa FKUB menjadi wadah para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menciptakan kondisi daerah Kabupaten Klaten yang damai, aman, dan kondusif.

Baca juga: Kemenag Ajak Semua Pihak Jaga Kerukunan Beragama

Keberadaan FKUB juga diharapkan menjadi sarana untuk menyosialisasikan secara masif adab dan kebiasaan lintas agama. Sehingga, ke depannya bisa saling mengetahui dan memahami batasan toleransi dalam berkeyakinan.

"Ketika ada sesuatu yang kontradiktif dan berbenturan jangan didiamkan, tapi langsung dibicarakan untuk mencari jalan keluarnya. Hal ini penting untuk merawat kebersamaan dan kerukunan umat beragama," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat