visitaaponce.com

Jawa Tengah Memasuki Musim Pancaroba

Jawa Tengah Memasuki Musim Pancaroba
Ilustrasi.(ANTARA/AHMAD SUBAIDI)

PRAKIRAWAN cuaca BMKG Kelas II Ahmad Yani Semarang Rani Puspita Ekawati mengatakan Jawa Tengah sedang memasuki pancaroba. Di beberapa daerah di utara Jawa masih terasa panas. Sebaliknya, hujan sudah mulai turun beberap akali di selatan Jawa.

Rani mengatakan suhu panas tinggi atau puncaknya biasa terasa mulai pukul 11.00 WIB-14.00 WIB karena pada masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan tidak ada awan yang menutupi sinar matahari.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Sukasno mengatakan musim penghujan di berbagai daerah berbeda dimulai Oktober ini. Namun secara keseluruhan musim hujan
diperkirakan baru akan terjadi pada bulan depan.

Baca juga: Kemarau, Lamongan Justru Panen Padi 148 Ribu Hektare

"Musim penghujan ini ada yang mundur satu dasarian, tetapi ada yang hingga dasarian sehingga secara keseluruhan baru akan terjadi November," kata Sukasno.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha secara terpisah mengingatkan kepada warganya untuk mewaspadai musim pancaroba karena musim kemarau  berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan kesulitan air bersih. Sedangkan memasuki pancaroba dengan hujan turun sporadis berpeluang muncul bencana longsor dan angin puting beliung.

Baca juga: Musim Tanam di Kalsel Bergeser akibat Kemarau

"Kami minta kepada warga untuk tetap mewaspadai bencana l, karena musim pancaroba ini berpotensi bencana karhutla, angin puting beliung maupun longsor," kata Ngesti. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat