visitaaponce.com

Ratusan Hektare Areal Perkebunan di Kabupaten Banjar Terbakar

Ratusan Hektare Areal Perkebunan di Kabupaten Banjar Terbakar
Ilustrasi.(Dok MI.)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan terus melanda sejumlah wilayah. Di Kabupaten Banjar tercatat ratusan hektare areal perkebunan (HGU) hangus terbakar.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Banjar, hingga akhir September 2023 tercatat kebakaran menghanguskan 109,95 hektare tanaman muda dan 50 hektare tanaman sudah berproduksi. Selain itu ada 1.203 hektare areal semak belukar di perbatasan dan di luar HGU yang
hangus terbakar.

Sedangkan untuk lahan pertanian yang terbakar tercatat seluas 51 hektare. Kabupaten Banjar merupakan salah satu wilayah terparah dilanda karhutla di Kalsel sepanjang kemarau tahun ini. Selain karhutla, lebih dari 30 desa juga mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Baca juga: Akhirnya Palembang Diguyur Hujan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, dalam laporan harian kebencanaannya, Kamis (19/10), menyebutkan pada Rabu (18/10) karhutla melanda empat daerah yaitu Kabupaten Tanah Laut, Balangan, Hulu Sungai Utara, dan Banjar. Selain karhutla dalam sepekan terakhir, wilayah Kalsel juga dilanda hujan deras disertai angin kencang.

Belasan hektare areal lahan gambut di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, dan Guntung Damar, sekitar bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, kembali terbakar. Kebakaran juga melanda sejumlah lokasi di kawasan Tahura Sultan Adam, Kabupaten Banjar, tepatnya Kecamatan Aranio dan Kiram.

Baca juga: Relawan Amin Minta KPU Profesional

Tingginya curah hujan yang turun di sejumlah wilayah Kalsel sejak beberapa hari terakhir berimbas pada menurunnya sebaran titik api dan karhutla serta kabut asap. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat