visitaaponce.com

Polres Klaten Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Pemilu 2024

Polres Klaten Gelar Pasukan Operasi Pengamanan Pemilu 2024
Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024.(MI/DJOKO SARDJONO)

KEPOLISIAN Resor Klaten, Jawa Tengah, menyelenggarakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Kamis (19/10). Apel gelar pasukan berlangsung di lapangan parkir Mapolres Klaten, dan dipimpin oleh Kapolres AKB Warsono. Turut hadir Wakil Bupati Yoga Hardaya dan Forkopimda Klaten.

Warsono dalam sambutannya mengatakan, bahwa Operasi Mantab Brata akan dilaksanakan selama 222 hari mulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 Polres Klaten akan melibatkan 9.836 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, instansi terkait, dan mitra Kamtibmas Polres Klaten.

Di Kabupaten Klaten ada 4.198 TPS (tempat pemungutan suara) tersebar di 26 kecamatan. Masing-masing TPS dengan jumlah pemilih sekitar 232 orang. "Alhamdulillah seluruh TPS kategori kurang rawan. Kemudian, untuk pola pengamanan sebanyak 16 TPS akan dijaga dua personel Polri dan 32 linmas," ungkap Warsono.

Baca juga: Bawaslu Minta Gen Z Berperan Awasi Pemilu 2024

Meski semua TPS dalam kategori kurang rawan, lanjutnya, Polres Klaten tetap akan siap siaga. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi situasi politik yang dinilai cukup dinamis.

Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri, karena dilaksanakan serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, geografis yang beragam, serta jumlah pemilih yang besar. "Kami mengimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi berita hoaks, serta tidak melakukan intimidasi kepada warga yang memiliki pilihan berbeda," ujar Kapolres Klaten.

Baca juga: Pemkab Purwakarta Dorong Anak Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting

Sementara itu, Yoga mendukung Operasi Mantab Brata Candi 2023-2024, serta siap bersinergi guna menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. "Pemkab Klaten mendukung sepenuhnya upaya pengamanan Pemilu 2024, agar pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta wakil rakyat dapat berjalan lancar dan aman," tandasnya.

Setelah apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata, Ketua KPU Klaten Kartika Sari Handayani memimpin deklarasi pemilu damai yang diikuti perwakilan parpol peserta pemilu. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat