visitaaponce.com

Jawa Barat Optimistis Angka Stunting Capai 14 Persen pada 2024

Jawa Barat Optimistis Angka Stunting Capai 14 Persen pada 2024
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin optimistis pada 2024 angka stunting di Jawa Barat bisa diturunkan hingga 14%.(Freepik)

DALAM empat tahun terakhir, angka prevalensi stunting di Jawa Barat bisa diturunkan sebesar 10,9%. Jika pada 2018, angka stunting mencapai 31,1%, turun menjadi 20,2% pada 2022.

"Dalam satu tahun, rata-rata penurunan mencapai 2,72%. Karena itu, kami optimistis pada 2024 nanti, angka stunting di Jawa Barat bisa turun hingga 14% seperti target nasional," ungkap Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Untuk itu, dia menambahkan diperlukan upaya ganda untuk menurunkan stunting dan mencapai target. SElain pemenuhan gizi sejak masa kehamilan, juga didukung infrastruktur yang baik, seperti akses air bersih dan sanitisasi.

Baca juga: Bantu Tangani Tengkes, Kodam II/Sriwijaya Gelar Dapur Masuk Sekolah

Senin (23/10), Pemprov Jawa Barat sudah menggelar evaluasi percepatan penurunan stunting. "Kami mengejar target 14% pada 2024. Saya yakin bisa tercapai," tambah Bey.

Bentuk intervensi yang dilakukan, lanjut dia, ada dua langkah. Yang pertama ditujukan pada anak, dan kedua kerja bersama pada pembangunan sanitasi dan ketersediaan air bersih.

Baca juga: Presiden akan Keluarkan Inpres soal Penyediaan Air Minum

"Yang jadi perhatian kita tidak hanya makanan sampai ibu hamil. Semuanya harus diperhatikan bersama," tandasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat