visitaaponce.com

Pos Indonesiadan Unpad Laksanakan Program Pemberdayaan Menuju Desa Mandiri

Pos Indonesia dan Unpad Laksanakan Program Pemberdayaan Menuju Desa Mandiri 
Pos Indonesia dan Unpad menggelar program TJSL untuk mendukung desa mandiri dan ketahanan pangan di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jabar.(Ist)

PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Universitas Padjdjaran (Unpad) mewujudkan Program Pemberdayaan Menuju Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan, pada Selasa (24/10),

Objek dari program ini difokuskan pada Kelompok Tani (Poktan)  Pangkalan, di Dusun Pangkalan, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar)/ 

Kick off pelaksanaan program ditandai dengan pemukulan patok titik air pembuatan sumur artesis yang akan dibangun di Dusun Pangkalan, Desa Cilembu.

Baca juga: Dosen Unpad Kembangkan Alat Inseminasi Buatan Praktis dan Sederhana

Pemukulan sebagai tanda dimulainya program dilakukan Salman selaku Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang didampingi  Dr. Diah Fatma Sjoraida, M.Si, mewakili Unpad selaku Ketua Tim Pelaksana Program danAsep Suhara, selaku Kuwu Desa Cilembu.

Acara juga dihadiri penyuluh UPTD Dinas Pertanian dan para anggota Poktan Pangkalan. Sebelumnya acara diawali dengan kegiatan “Pelatihan Integrated Farming” yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Fatah Wiyatna, salah satu dosen pada Unpad.

Ini merupakan rangkaian lanjutan dari acara penandatanganan Berita Acara Kolaborasi antara kedua institusi tersebut pada 17 Oktober 2023 lalu.

Baca juga: Pos Indonesia Distribusikan Bantuan Stunting Tahap Dua di Jawa Tengah

“Pada program pemberdayaan ini, anggota kelompok tani akan diberikan edukasi dan pelatihan peternakan, pengolahan limbah organik menjadi pupuk padat/cairan dan biogas, budi daya hidroponik, pembuatan sumur artesis untuk pengairan/air bersih dan sebagainya," kata Salman.

"Dampak dari semua kegiatan tersebut adalah terciptanya ketahanan pangan,” ucap Salman.

Sementara itu Diah berharap,“Program ini harus benar-benar dimanfaatkan secara sungguh-sungguh oleh para anggota kelompok tani, karena telah terpilih sebagai objek dari pelaksanaan program pemberdayaan ini”. 

Baca juga: Perkuat Kampus, IKA Unpad Buka Penggalangan Dana Abadi

Secara umum, Kuwu Desa Cilembu dan Kelompok Tani Pangkalan, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pos Indonesia  dan Unpad yang telah menjadikan Poktan Pangkalan, Desa Cilembu sebagai penerima manfaat dari program TJSL dari Pos Indonesia.   

Acara ini dioptimalkan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Cilembu tentang transformasi digitalisasi layanan pos baik layanan jasa pengiriman maupun jasa keuangan, oleh Tim Penjualan dari Kantor Pos Cabang Sumedang dan Regional 3 Jawa Barat. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat