visitaaponce.com

Warga Cianjur Positif Suspek Cacar Monyet di Cimahi

Warga Cianjur Positif Suspek Cacar Monyet di Cimahi
Petugas kesehatan menyosialisasikan penyakit cacar monyet kepada masyarakat di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten.(Antara/Sulthony Hasanuddin.)

SEORANG warga Cianjur yang berdomisili di suatu kontrakan, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Jawa Barat, suspek cacar monyet. Hal itu terungkap setelah ia melakukan pemeriksaan di Puskesmas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

"Tanggal 1 November kemarin, yang bersangkutan berobat ke Puskesmas Padalarang untuk memeriksakan keluhan yang dirasakannya yaitu lesi (bruntus) di badan yang disertai demam," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Bandung Barat, Nurul Rasihan, Kamis (9/11).

Diketahui, pasien tersebut berjenis kelamin pria dan merupakan penyintas HIV. Setelah diberikan obat dan disarankan agar menjalani perawatan di rumah, pasien tersebut kembali mengeluhkan penyakitnya yang semakin parah. "Setelah diberikan obat, tiga hari kemudian yang bersangkutan kembali kontrol dengan keluhan muncul vesikel di badannya dan langsung diberikan pengobatan oleh tenaga medis Puskesmas Padalarang," ujarnya.

Baca juga: Patroli Polres Cimahi Tangkap Anggota Geng Motor

Usai menjalani pengobatan, pasien tersebut pulang ke kampung halamannya di Cianjur. Dinkes Bandung Barat sudah memberikan laporan mengenai riwayat dugaan suspek pasien yang bersangkutan untuk ditangani Dinkes Kabupaten Cianjur.

Sementara Dinkes Kota Cimahi langsung menelusuri kontak erat pasien di kontrakan Kelurahan Leuwigajah. Dari hasil penelusuran, ditemukan seorang dalam satu kontrakan yang pernah kontak erat dengan pasien itu.

Baca juga: Cimahi Targetkan 2025 tidak Membuang Sampah ke TPA

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kontak erat pasien suspek cacar monyet itu, Dinkes Cimahi memastikan bahwa ia tidak mengalami gejala seperti gatal-gatal yang dirasakan warga asal Kabupaten Cianjur tersebut. "Penelusuran itu dilakukan untuk memastikan tidak ada warga Cimahi yang terpapar cacar monyet. Jadi kami melakukan penelusuran terhadap kontak eratnya saja, setelah diperiksa, dia tidak merasakan gejala," ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular, Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini.

Dwihadi menjelaskan, satu orang kontak erat itu tidak terpapar cacar monyet, karena sebelum merasakan gejala, dia lebih dahulu meninggalkan kontrakannya sehingga dipastikan aman atau negatif cacar monyet. Ia pun memastikan, sampai saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet di Cimahi. 

Namun begitu, Dinkes tetap melakukan antisipasi agar penyakit ini tidak menyebar di wilayah Cimahi. "Sampai saat ini belum ada kasus cacar monyet di Cimahi. Jika ada warga yang merasakan gejala diimbau langsung berobat ke fasilitas kesehatan biar langsung dilakukan pemeriksaan," kata Dwihadi. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat