visitaaponce.com

Rakyat Tojo Una Una Salurkan Donasi untuk Palestina

Rakyat Tojo Una Una Salurkan Donasi untuk Palestina
Ilustrasi dukungan warga Indonesia untuk Palestina.(MI/Dwi Apriani)

PEMERINTAH Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, menyalurkan donasi untuk masyarakat yang terdampak perang di Palestina. Donasi hasil penggalangan oleh rakyat kabupaten itu, disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu).

Bupati Tojo Unauna Mohamad Lahay mengatakan, donasi Rp100 juta tersebut dikumpulkan atas dasar niat ikhlas untuk membantu masyarakat Palestina, khususnya di Gaza, yang saat ini sedang berada dalam kesulitan akibat agresi Israel.

"Ini dengan satu tujuan, untuk berpartisipasi membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kalau mau ditanya, banyak dari kita yang bahkan ingin terjun langsung berpartisipasi membantu ke sana," terangnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Kamis (9/11).

Baca juga: Dituduh jadi Markas Hamas, Area Sekitar RS Indonesia di Gaza Dibombardir Rudal Israel

Menurut Lahay, donasi secara simbolis sudah diserahkan kepada Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulteng, Muh Amin Parakkasi didampingi Ketua Lazismu Sulteng, Burhanuddin di Kantor PW Muhammadiyah Sulteng.

"Saya tekankan, jangan sampai niat baik kita ini salah titip atau tercecer. Jangan sampai kita susah-susah mencari dana, tapi arahnya tidak tentu. Kami mendapat informasi ada jalur dari Muhammadiyah melalui Lazismu, dan itu yang disepakati," ungkapnya.

Baca juga: Selebgram Sekaligus Pengusaha Indonesia Temui Dubes Palestina Sumbang Rp1 Miliar

Lahay menjelaskan, jumlah donasi yang diserahkan akan bertambah pada tahap selanjutnya. Ia juga mengaku, akan mengupayakan hal itu dapat digerakkan di seluruh kecamatan yang ada di Tojo Una Una dan diharapkan penggalangan donasi dapat terus berjalan.

"Sebagai langkah awal ini Rp100 juta dulu, masih ada lagi nanti Rp100 juta lebih. Terima kasih kepada Muhammadiyah melalui Lazismu, insya Allah bisa langsung tersalurkan," pungkasnya.

Ketua PW Muhammadiyah Sulteng, Muh Amin Parakkasi mengatakan, donasi yang disalurkan oleh masyarakat Tojo Una Una melalui Lazismu akan dikelola secara nasional melalui Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bersama donasi yang terkumpul dari Lazismu di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara, untuk disalurkan langsung kepada warga Palestina.

"Insya Allah, amanah dari masyarakat Tojo Unauna akan disalurkan sesuai peruntukannya," tegasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat