visitaaponce.com

Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 di Kupang, NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 di Kupang, NTT, Tidak Berpotensi Tsunami
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan gempa bermagnitudo 5,4 terjadi di Kupang,NTT tidak berpotensi tsunami.(Dok.MI)

PADA Minggu 12 November 2023 pukul 09.06.17 WIB wilayah Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,4. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,18° LS ; 123,74° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 Km arah Tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 41 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam slab lempeng di bawah Pulau Timor. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun.

“Hingga pukul 09.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” kata Daryono.

Baca juga: Gempat Magnitudo 5,4 Guncang Kota Kupang

Ia membeberkan, gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan skala intensitas III - IV MMI dan daerah Kabupaten Rote Ndao dengan skala intensitas II MMI. “Gempa ini menimbulkan kerusakan ringan berupa retak rambut pada tembok beberapa rumah warga. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Daryono mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca juga: Gunung berapi Islandia bisa menghancurkan kota Grindavik

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkas dia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat