visitaaponce.com

Gempat Magnitudo 5,4 Guncang Kota Kupang

Gempat Magnitudo 5,4 Guncang Kota Kupang
Kupang, NTT kembali mengalami gempa bermagnitudo 5,4(Dok.MI)

GEMPA kuat dengan magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (12/11) pukul 10.06 Wita.

Guncangan gempa membuat warga berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri, termasuk warga yang masih beribadah di gereja.

Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono mengatakan lokasi gempa 15  kilometer barat daya Kabupaten Kupang, atau 25 kilometer dari Kecamatan  Kota Raja, Kota Kupang.

Baca juga: 95 Bangunan Rusak Akibat Gempa di Kupang

Gempa dengan kedalaman 34 kilometer ini pada koordinat 10.04 Lintang Selatan dan 123.78 Bujur Timur.  Smapai saat ini, belum ada laporan  kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa tersebut. "Gempa tidak  berpotensi tsunami," kata Margiono.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam slab lempeng (intra slab) di bawah Pulau Timor. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Baca juga: 82 Bangunan Rusak Akibat Gempa Magnitudo 6,6

Gempa kuat yang menguncang Kota Kupang tersebut merupakan kedua kalinya. Pada 3 November 2023, gempa dengan magnitudo 6,6 menguncang daerah itu  yang mengakibatkan 169 bangunan mengalami kerusakan, terdiri dari 145 unit di Kabupaten Kupang dam 24 unit di Kota Kupang.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat