visitaaponce.com

Hari Pahlawan, Astra Datangkan 134 Sekolah di Surabaya

Hari Pahlawan, Astra Datangkan 134 Sekolah di Surabaya
Bertepatan dengan Hari Pahlawan, YPA-MDR menyelenggarakan acara tahunan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) di Kota Pahlawan, Surabaya.(Dokpri.)

BERTEPATAN dengan Hari Pahlawan, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan acara tahunan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyatukan visi dan misi setiap sekolah binaan sekaligus mengapresiasi pencapaian sekolah-sekolah terbaik yang berlangsung selama 3 hari, sejak 10 November-12 November 2023. 

Ajang itu diikuti 134 peserta yang terdiri dari 122 kepala sekolah, 9 guru inspiratif, dan 3 pengawas sekolah inspiratif. Acara Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 ini bertema Bergerak Pantang Menyerah Untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia. Tema tersebut sejalan dengan Pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas, yakni meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa. 

FKSB ini memberikan wadah bagi para kepala sekolah dan guru binaan untuk berbagi informasi, saling belajar antara satu dengan yang lain, meningkatkan wawasan, dan terus saling memotivasi. "Menjadi guru ialah pekerjaan yang paling mulia, tetapi hambatannya luar biasa. Melalui kegiatan ini, kami berharap  Bapak dan Ibu dapat bersama-sama menjadi agen perubahan guna memperjuangkan kualitas pendidikan Indonesia," ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim terkait pemilihan tema untuk FKSB tahun ini dalam keterangan tertulis, Senin (13/11).

Baca juga: Kecelakaan Beruntun Tiga Kendaraan di Sumedang

Dalam acara itu, setiap perwakilan daerah turut serta dalam pengukuhan komitmen dalam rangka mengakselerasikan perkembangan sistem pendidikan di daerah masing-masing dalam waktu satu tahun ke depan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan kolaboratif antara para peserta untuk membangun sinergi yang seirama dengan tema Pantang Menyerah. 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin dan para kepala sekolah berbagi pengalaman mereka sebagai praktisi di dunia pendidikan yang mereka terapkan di lingkungan masing-masing. Sesi yang disebut Best Practices ini menjadi pembekalan bagi para peserta dalam mengimplementasi komitmen mereka mulai tahun depan.

Baca juga: Pemkab Cianjur Maksimalkan Peran KSM Tangani Sampah

Melalui FKSB, YPA-MDR memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah dengan predikat Sekolah Unggul, Gerakan Penghijauan Indonesia, Pekan Inovasi Guru, Kepala Sekolah Inspiratif, Guru Inspiratif, dan Sekolah Terbaik. Wisuda Sekolah Independen--pendeklarasian sekolah binaan yang dianggap sudah layak untuk beroperasi secara mandiri--menjadi penutup rangkaian acara FKSB pada Minggu (12/11). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat