visitaaponce.com

Pemprov Kalsel Libatkan Mahasiswa Atasi Stunting

Pemprov Kalsel Libatkan Mahasiswa Atasi Stunting
Ilustrasi.(ANTARA/IRWANSYAH PUTRA)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan program sosialisasi dan pencegahan stunting (tengkes) dengan melibatkan kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Program tersebut dinamai Paman Mahaga Stunting yang merupakan kependekan dari Paman dan Mahasiswa Mencegah atau Menghalau Stunting. Para mahasiswa menjalankan program itu saat kegiatan kuliah kerja nyata (KKN), magang, dan lainnya.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalsel, Suparmi, Jumat (1/12), mengatakan mahasiswa mempunyai kapasitas dalam mendukung upaya percepatan pengentasan stunting di lapangan. "Program edukasi dan sosialisasi pencegahan Stunting dengan melibatkan mahasiswa ini diterapkan dan menjadi bagian kegiatan saat mereka KKN di 13 kabupaten/kota," tuturnya.

"Kita berharap mahasiswa agar sungguh-sungguh mengabdi di desa lokus stunting seperti melakukan pendampingan gizi masyarakat, pendampingan pola asuh, juga pembangunan sanitasi dan air bersih," sambung Suparmi.

Baca juga:

Siswa Diimbau Cari Jurusan yang Akomodir Keahlian

Masuki Bonus Demografi, Keluarga Pintu Utama Perbaikan Kualitas SDM

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Diadudin mengatakan pihaknya terus meningkatkan upaya percepatan penurunan stunting untuk mengejar target angka stunting 14 persen pada 2024. "Saat ini prevalensi stunting di Kalsel tercatat 24,6 persen. Turun sebanyak 5,4 persen dari angka stunting 2021 yaitu 30 persen," katanya.

Sebelum diterjunkan ke lapangan, para mahasiswa yang mengikuti program Paman Mahaga Stunting ini akan diberikan pembekalan tentang pencegahan stunting guna disosialisasikan ke masyarakat.

"Saat ini mahasiswa yang sudah siap menjalankan program ini dari Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin serta Poltekes untuk mengedukasi masyarakat," ujarnya.

Pada peluncuran program Paman Mahaga Stunting pada Kamis (31/11), juga diserahkan penghargaan kepada tiga kabupaten yang berhasil menurunkan stunting yakni Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan dan Tapin. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat