visitaaponce.com

Kemenkes Anggarkan Rp65 Miliar untuk Pembangunan Rumah Sakit Pratama Solor

Kemenkes Anggarkan Rp65 Miliar untuk Pembangunan Rumah Sakit Pratama Solor
Rapat Pemeriksaan dan Pembahasan Dokumen UKL-UPL Rencana Kegiatan Pembangunan Rumah Sakit Kelas D Pratama Solor.(MI/Fransiskus Gerardus Molo)

KEMENTERIAN Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) di tahun 2024 mengalokasikan anggaran Rp65 Miliar untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Kelas D Pratama Solor di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rumah sakit termegah di Pulau Solor yang perencanaannya sudah berproses sejak 3-4 tahun silam itu bakal dibangun di atas lahan seluas sekitar 4 hektare (ha) di Lewohedo, Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur.

“Iya benar. Sudah masuk di DIPA Kemenkes tahun anggaran 2024 untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama Solor. Anggaran yang dialokasikan Kemenkes RI sebesar Rp65 miliar,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Flores Timur, dr Agustinus Ogie Silimalar, Sabtu (16/12).

Baca juga: Pemilihan Duta Pariwisata Labuan Bajo akan Digelar 2024

Dr Ogie menjawab hal itu di sela-sela Rapat Pemeriksaan dan Pembahasan Dokumen UKL-UPL Rencana Kegiatan Pembangunan RS Kelas D Pratama Solor, di aula Gelekat Nara Larantuka.

Kegiatan Rapat Pemeriksaan dan Pembahasan Dokumen UKL-UPL Rencana Kegiatan Pembangunan RS Kelas D Pratama Solor itu digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Flores Timur.

Baca juga: Sudah Akhir Tahun, Realisasi Perbaikan Jalan Pandai-Demondei Baru 26,7%

“Rumah Sakit Pratama Solor dibangun di atas lahan seluas sekitar 4 ha berlokasi di Desa Lewohedo, Kecamatan Solor Timur,” terang Dokter Ogie.

Dokter Ogie juga menjelaskan perincian penggunaan anggaran yang dialokasikan Kemenkes RI untuk pembangunan RS Kelas D Pratama Solor tersebut. Pembangunan fisik alokasi anggaran sebesar Rp45 miliar dan untuk alat kesehatan (Alkes) sebesar Rp15 miliar. Sementara anggaran sebesar Rp5 miliar untuk keperluan penunjang rumah sakit.

“Total anggaran Rp65 miliar. Dengan rincian Rp45 miliar pembangunan fisik, Rp15 miliar untuk Alkes dan Rp5 miliar untuk penunjang rumah sakit. Seluruh anggaran RS Pratama Solor ini dari pusat yakni Kemenkes RI,” katanya.

Dokter Ogie mengatakan proses perencanaan kegiatan pembangunan RS Pratama Solor sedang berlangsung. Salah satunya, saat ini tengah proses pemeriksaan dan pembahasan dokumen lingkungan hidup, UKL-UPL. “Kita ajuhkan dokumen ini ke DLH untuk diperiksa dan dibahas bersama. Ini merupakan salah satu syarat rencana kegiatan pembangunan Rumah Sakit Pratama Solor di Pulau Solor,” katanya.

Dokter Ogie menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenkes RI yang telah memberi perhatian kepada Kabupaten Flores Timur dalam bentuk alokasi anggaran pembangunan RS Pratama Solor. “Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, kami sampaikan terimakasih kepada Kemenkes RI. Dalam DIPA Kemenkes RI sudah termuat anggaran pembangunan RS Pratama Solor. Dinas Kesehatan Flores Timur, saat ini tengah berproses termasuk dokumen lingkungan hidup,” katanya.

Dokter Ogie secara khusus menyampaikan terimakasih kepada para pemilik tanah yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan RS Pratama Solor, Pemerintah Desa Lewohedo, Pemerintah Kecamatan se Pulau Solor, dan masyarakat Pulau Solor. “Secara khusus pula, kami sampaikan terimakasih kepada para pemilik tanah yang sudah hibahkan tanahnya kepada pemerintah daerah untuk kepentingan pembangunan RS Pratama Solor,” katanya.

Dokter Ogie juga berharap seluruh elemen dan masyarakat Kabupaten Flores Timur khususnya Pulau Solor mendukung penuh proses perencanana, pelaksanaan hingga pemanfaatan RS Pratama Solor tersebut.

“Mari kita sama-sama dukung dan bekerja sama demi suksesnya pembangunan RS Pratama Solor. Saya minta masyarakat mengawal dan mengawasi pembangunan. Kepada pihak-pihak yang nantinya dipercayakan melaksanakan pekerjaan agar kerja dengan penuh tanggungjawab,” katanya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat