visitaaponce.com

KPU Temanggung Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara DPRD Provinsi dan DPR RI

KPU Temanggung Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara DPRD Provinsi dan DPR RI
Ilustrasi - pelipatan surat suara(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, telah memulai penyortiran dan pelipatan kertas surat suara untuk calon DPR RI Dapil 6 dan DPRD Provinsi Dapil 9, di Gelanggang Olahraga (GOR) Indoor Kowangan, Kecamatan Temanggung.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois menyebutkan, jumlah surat suara untuk DPR RI sebanyak 629.617 lembar. Jumlah surat suara DPRD Provinsi yang harus dilipat mencapai 629.617 lembar.

"Kegiatan melipat dan menyortir surat suara ini sudah dimulai sejak kemarin, Rabu (3/1), dilakukan oleh 300 orang yang terbagi dalam 30 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 10 orang,"kata Henry, Kamis (4/1).

Baca juga: KPUD Bandung Barat Lakukan Sortir Surat Suara

Henry menyebutkan ada beberapa aturan yang harus diperhatikan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara. Yakni dimulai dengan melakukan penyortiran dahulu dengan memisahkan surat suara yang rusak. Kemudian baru dilakukan pelipatan surat suara yang utuh.

Adapun beberapa kriteria surat suara rusak, diantaranya, hasil cetak warna surat suara tidak merata, tidak jelas, tidak terbaca, dan memiliki banyak noda. Kerusakan lainnya berupa warna tidak sesuai, surat suara kusut, mengerut, sobek. SErta nama dan logo partai tidak lengkap.

Baca juga: Surat Suara Simulasi Pilpres Hanya Gambar 2 Paslon, Benarkah Human Error?

"Jika dalam surat suara terdapat logo KPU yang tidak jelas juga masuk kategori rusak,"ujar dia.

Kategori kerusakan lainnya, imbuh dia, jika ditemui ada lubang pada kolom noomor urut maupun kolom nama pasangan calon. Hal itu bisa menimbulkan kesan surat suara sudha dicoblos. Serta foto calon dan foto pasangan calon buram, dan warna lambang partai tidak sesuai dengan ketentuan KPU juga dikategorikan rusak. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat