visitaaponce.com

Truk Logistik Pemilu untuk Kabupaten Magelang Terjun ke Jurang di Semarang

Truk Logistik Pemilu untuk Kabupaten Magelang Terjun ke Jurang di Semarang
Truk pengangkut logistik Pemilu 2024 terguling di Magelang.(Metro TV/Feri Nugroho)

TRUK dengan nomor polisi W 8813 UQ membawa logistik pemilu yakni 370 ribu surat suara DPR Kabupaten Magelang alami kecelakaan terjun ke jurang sedalam 10 meter di Jambu, Kabupaten Semarang pada Sabtu (6/1) sore.

Pemantauan Media Indonesia Minggu (7/1), proses evakuasi truk boks bermuatan logistik pemilu yang terjun ke jurang di Desa Kalimalang, Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang itu sudah berhasil dilakukan setelah didatangkan mobil derek.

Sebanyak 800 kardus berisi ribuan surat surat suara yang berantakan di dalam jurang sedalam 10 meter juga berhasil dinaikkan ke atas serta dipindahkan ke truk lainnya. Namun di lokasi kecelakaan berada di ruas jalan Semarang-Yogyakarta tersebut masih menjadi tontonan warga setempat maupun kendaraan melintas.

Baca juga: KPU Kabupaten Sukabumi Mulai Sorlip Surat Suara Pemilu 2024

"Evakuasi truk tersebut dilakukan selama tiga jam, setelah didatangkan mobil derek, petugas juga melakukan pengaturan jalan karena arus kendaraan cukup padat," kata Kepala Unit Kecelakaan Polres Semarang Ipda Handriani.

Kecelakaan truk membawa logistik dari sebuah percetakan di Bawen, Kabupaten Semarang menuju ke Magelang tersebut, lanjut Handriani, diduga terjadi karena tidak kuat saat menanjak di jalur tersebut, sehingga melorot dan masuk ke dalam jurang.

"Kita masih selidiki, anggota kepolisian yang melakukan pengawalan berhasil meloncat sebelum truk masuk jurang," tambahnya.

Baca juga: Surat Suara di Taipei Dikirim Ulang, Bawaslu Duga Ada Pelanggaran Administrasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Tri Ujiono mengatakan truk bermuatan logistik pemilu yakni surat suara untuk Kabupaten Magelang tersebut, sebelum mengalami kecelakaan sempat dilepas keberangkatan oleh Ketua KPU Magelang di percetakan di Bawen pada Sabtu siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Namun dalam perjalanan, salah satu dari dua truk boks tersebut masuk ke jurang di Jambu.

"Logistik dimaksud menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan evakuasi oleh penyedia, dibantu kepolisian dan diawasi oleh Bawaslu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Tri Ujiono.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat