visitaaponce.com

Fakta Kebakaran Maut di Karaoke New Orange Tegal yang Tewaskan 6 Pemandu Lagu

Fakta Kebakaran Maut di Karaoke New Orange Tegal yang Tewaskan 6 Pemandu Lagu
Ilustrasi(Istimewa)

ENAM pemandu lagu dalam kebakaran maut di tempat karaoke New Orange di Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng) tewas. Berikut ini sejumlah fakta hasil investigasi Polda Jateng.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabdi) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti, dalam konferensi pers di Mapolres Tegal Kota, Rabu (17/1/2024). Konferensi pers dipimpin Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Satake Bayu S.

Sumy menuturkan, saat kebakaran terjadi keenam korban masih dalam kondisi hidup. Namun, mereka menghirup udara panas dan CO2 atau karbondioksida hingga membuat paru-paru atau saluran pernafasan rusak. 

Baca juga : Polisi: Kebakaran Karaoke di Tegal Akibat Korsleting Listrik di Musala

"Penyebab kematian korban itu juga dipicu dengan kondisi tubuh yang tidak mengalami kerusakan akibat api. Namun, saluran pernafasan korban mengalami kerusakan karena menghirup hawa atau udara panas," ujar Sumy.

Menurut Sumy, tidak ada tanda-tanda kerusakan karena panasnya api di organ dalam tubuh para korban. "Hanya ada tanda kebakaran di saluran pernafasan," jelas Sumy.

Baca juga : Gedung Karaoke yang Terbakar di Tegal tidak Bersertifikat Layak Fungsi

Kepala Bidang (Kabid) Labfor Polda Jateng, Kombes Pol Slamet Iswanto, menyampaikan, saat kebakaran itu terjadi muncul jelaga hitam yang sangat pekat terutama di lantai ketiga, atau tempat sumber api kebakaran berasal.

"Asapnya memang pekat sekali dan ada api di dalam sgedung. Pertama di ruang musala dan rambatan apinya terlokalisasi, jelaganya keluar. Jadi dekat musala ada ladies room, dekat sekali. Saat kami periksa pintu itu juga penuh dengan jelaga," terang Slamet.

Menurut Slamet, jelaga hitam tebal itu muncul karena api menyambar barang-barang yang mudah terbakar seperti busa, vinil dan wallpaper.

"Barang-barang itu ada banyak di ruangan yang terbakar karena kosleting dari kabel-kabel listrik," jelas Slamet.

Seperti diketahui sebelumnya, penyebab kebakaran tempat karaoke New Orange di Kota Tegal, yang menyebabkan enam orang meninggal dunia, berasal dari korsleting listrik di ruang musala yang berada di lantai ketiga gedung tempat karaoke itu.

Total ada enam orang perempuan yang meninggal dunia dalam insiden itu. Keenam korban tersebut diduga saat peristiwa kebakaran berlangsung masih dalam kondisi tertidur. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat