visitaaponce.com

Waspada Abu Vulkanik, BPBD Klaten Bagikan Masker di Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi

Waspada Abu Vulkanik, BPBD Klaten Bagikan Masker di Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi
BPBD Klaten membagikan masker ke warga di kawasan rawan bencana Gunung Merapi(MI/Djoko Sardjono)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, membagikan masker ke warga masyarakat di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang.

Pembagian masker untuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hujan abu vulkanik Gunung Merapi, seperti pada Minggu (21/1). Hujan abu, kemarin, mengguyur beberapa dukuh di Desa Tegalmulyo.

Ada lima dukuh di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, yang terdampak abu vulkanik Gunung Merapi. Lima dukuh rawan bencana itu, yakni Pajegan, Girpasang, Canguk, Sumur, dan Dukuh Grintingan.

Baca juga : 16 Tersangka Kasus Narkoba Ditangkap Satresnarkoba Polres Klaten 

“Hujan abu vulkanik yang mengguyur beberapa dukuh itu terjadi sekitar pukul 14.12 WIB. Nah, untuk antisipasi awan panas guguran (APK) Gunung Merapi, kami membagikan masker,” jelasnya.

Saat ditemui usai rapat koordinasi di pendapa kabupaten, Senin (22/1), Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Syahruna, mengatakan distribusi masker dilakukan di  Desa Tegalmuyo, Sidorejo, dan Balerante.

Baca juga : Dalam Sepekan, Polres Klaten Menindak 1.053 Pelanggaran Knalpot Brong

BPBD Klaten telah membagikan masker ke tiga desa itu, masing-masing 2.000 lembar untuk antisipasi terjadi awan panas guguran Gunung Merapi dan hujan abu, seperti pada Minggu (21/1).

“Untuk mitigasi bencana, kami mengimbau warga KRB III Gunung Merapi mematuhi rekomendasi BPPTKG, yakni tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya erupsi itu,” kata Syahruna. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat