visitaaponce.com

Audit Eksternal, SMK-PP Kementan Raih Sertifikat SMAP SNI ISO 370012016

Audit Eksternal, SMK-PP Kementan Raih Sertifikat SMAP SNI ISO 37001:2016
Wakasek SMKPPN Banjarbaru, Airin Nurmarita, bersama jajaran seusai audit.(Ist)

SEBAGAI Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-P) Negeri Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) senantiasa berkomitmen melaksanakan 'sistem anti penyuapan' secara internal.

Hal itu dilaksanakan dengan adanya Audit Survailen Sertifikat SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) bersama United Registar of Systems (URS) Cabang Balikpapan pada Kamis pekan lalu [25/1]

Pentingnya pengelolaan anti penyuapan dalam Manajemen Pendidikan Kejuruan bertujuan mengidentifikasi, mencegah dan mendeteksi terjadinya penyuapan terutama bagi sekolah vokasi, salah satunya SMK-PP Negeri Banjarbaru.  

Baca juga: Siap Magang ke Luar Negeri, Kementan Bekali Petani Muda dengan Bahasa Asing

Kepada Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nurysamsi bahwa Audit SMAP dilakukan sebagai bentuk konsistensi menjalankan sistem pemerintahan yang bersih dari isu penyuapan (good governance).

“BPPSDMP Kementan sebagai badan yang mengelola sumber daya manusia, sudah selayaknya kita menerapkan anti penyuapan bagi tercapainya pembangunan pertanian yang bersih dan transparan,” kata Dedi Nursyamsi dalam keterangan pers, Minggu (28/1/2024)

Setelah dilakukan audit eksternal selama satu hari, F. Sumarlin Saranga selaku auditor dari URS Balikpapan menyatakan bahwa SMK-PP Negeri Banjarbaru direkomendasikan untuk mendapatkan Sertifikat SMAP, SNI ISO 37001:2016.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Kementan Gelar Bimtek Pengolahan Kayu Manis

“Dari kesimpulan hasil audit, sejauh ini tidak ada temuan yang sifatnya major dan minor. Kami merekomendasikan SMK-PP Negeri Banjarbaru mendapatkan Sertifikat ISO 37001:2016," katanya di Banjarbaru.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso diwakili Airin Nurmarita selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum yang hadir pada pemaparan hasil audit, menyatakan senang dan bangga bahwa SMK-PP N Banjarbaru layak meraih ISO 37001:2016.

“Saya mewakili kepala sekolah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Setidaknya, kita secara manajemen telah berusaha meminimalkan risiko penyuapan. Semoga niat ke depan, untuk terus memperbaiki, dan ini yang sudah diakui, secara legal diakui oleh URS,” kata Airin Nurmarita.

Baca juga: Riki Yakub Sukses Beternak Itik, Kementan Terus Dukung Petani Muda Kalsel

Ditambahkan oleh Kasubbag Tata Usaha SMK-PP Negeri Banjarbaru, Johan Pujianto, “Alhamdulillah berkat peran dan kerjasama semua pihak, SMK-PP Negeri Banjarbaru mendapatkan ISO 37001:2016."

Secara terpisah Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menambahkan, dengan mendapatkan Sertifikat ISO 37001:2016 maka SMK-PP Negeri Banjarbaru akan berkerja lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang, kami tetap mampu mempertahankan ISO 37001:2016,” katanya. (S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat