visitaaponce.com

Penganut Konghucu Sampaikan Keinginan ke Kaisar Langit dengan Bakar Kertas

Penganut Konghucu Sampaikan Keinginan ke Kaisar Langit dengan Bakar Kertas
Umat Konghucu membakar kertas berisi daftar keingin di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah.(MI/Tosiani)

PARA penganut Agama Konghucu di Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Jawa Tengah, membakar kertas berisi tulisan mengenai daftar keinginan di halaman Klenteng, Sabtu (3/2) dini hari. Dewa Dapur yang terbang ke langit diyakini membawa serta semua daftar keinginan para penganut untuk disampaikan kepada Kaisar Langit. Ritual membahar kertas keinginan itu dilakukan di halaman Klenteng.

Namun, sebelumnya, kertas-kertas berwarna kuning berisi daftar keinginan para penganut yang ditulis dalam Bahasa Mandarin itu dibentuk sedemikian rupa menjadi bulat serupa bentuk ban kendaraan, kemudian diletakan di depan altar Dewa Bumi yang merupakan tuan rumah klenteng. 

Usai ritual sembahyang mengantar Dewa Bumi terbang ke langit, semua kertas keinginan itu dibawa ke halaman, lalu dibakar menggunakan lilin yang dibawa dari altar.

Baca juga : Penganut Konghucu Purwokerto Melepas Dewa Dapur Terbang ke Langit

Para penganut mengikutinya dengan menancapkan dupa di belakang kertas keinginann yang dibakar tersebut. 

Menurut Pengurus Klenteng Hok Tek Bio  Purwokerto, Maryati, saat Dewa Dapur terbang ke langit untuk menghadap Kaisar Langit, selain melaporkan perbuatan umat manusia di dunia selama setahun, juga sekaligus menyampaikan daftar keinginan itu untuk dikabulkan Kaisar Langit.

"Semua keinginan yang sudah ditulis dalam kertas itu akan disampaikan oleh Dewa Dapur saat menghadap Kaisar Langit," tutur Maryati.

Baca juga : Masifnya Bagi-Bagi Bansos Picu Kenaikan Harga Telur dan Beras

Ia juga mengaku ikut menyampaikan keinginan yang ditulis dalam kertas berwarna kuning. Diakui Maryati, keinginannya adalah agar kehidupannya di tahun depan, tahun 2575, akan lebih baik. Serta kondisi negara Indonesia juga  lebih baik lagi.

Weiming,39, salah seorang Penganut Konghucu mengaku melakukan hal yang sama. Ia juga menyampaikan keinginan agar kehidupannya di tahun depan lebih baik lagi, serta kondisi perekonomiannya lebih maju dan lebih bagus. (Z-1)

Baca juga : Diiringi Panggung Musik, Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud Digelar di Purwokerto

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat