visitaaponce.com

Investasi di Purwakarta Capai Rp14,8 T pada 2023

Investasi di Purwakarta Capai Rp14,8 T pada 2023
Ilustrasi.(MI/PALCE AMALO)

REALISASI investasi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mencapai Rp14,8 triliun sepanjang Januari hingga Desember 2023 dengan serapan tenaga kerja mencapai 8.446 orang.

"Alhamdulillah capaian realisasi investasi di Purwakarta selama 2023 sebesar Rp14,8 triliun. Capaian ini cukup tinggi karena mampu menyerap tenaga kerja mencapai 8.446 orang," kata Sekda Purwakarta Norman Nugraha seperti dilansir dari Antara, Minggu (4/3).

Ia mengatakan pencapaian realisasi investasi itu melebihi target yang telah ditetapkan oleh Kementerian BKPM sebesar Rp9,50 triliun. Capaian realisasi investasi di Purwakarta ini melebihi capaian provinsi mau pun nasional.

Baca juga : Kementerian Investasi/BKPM Ungkap Peran Kebijakan Investasi dalam Memperkuat Ketahanan Nasional

Berdasarkan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), Provinsi Jawa Barat hanya meraih nilai investasi sebesar 112 persen dan nasional hanya 101 persen.

Sedangkan di Purwakarta nilai investasi tahun 2023 mencapai 156,6 persen.

Norman menyampaikan, indikator keberhasilan yang dilakukan Pemkab Purwakarta untuk menarik para investor di antaranya terjaminnya stabilitas keamanan. Selanjutnya indikator ekonomi makro. Sebab Jika ekonomi makro mengalami kenaikan, maka investor akan membuka peluang usaha tersebut.

Baca juga : Investasi untuk Visi Indonesia Emas

"Selanjutnya dengan tata kelola pemerintahan yang baik dengan cara pelayanan maksimal yang dilaksanakan oleh OPD teknis DPMPTSP, tata kelola yang bagus pelayanan yang mudah dan transparan," katanya.

Sesuai dengan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purwakarta, terdapat lima sektor penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri yang telah berinvestasi di Purwakarta selama Januari hingga Desember 2023.

Di antaranya sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi dengan nilai investasi sebesar Rp3,49 triliun, industri kimia dan farmasi Rp1,85 triliun, perumahan, kawasan industri dan perkantoran Rp2,15 triliun, industri tekstil Rp1,09 triliun dan konstruksi sebesar Rp2,71 triliun. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat