visitaaponce.com

Seekor Harimau Dijerat di Kebun Warga Jambak Pasaman

Seekor Harimau Dijerat di Kebun Warga Jambak Pasaman
Harimau yang terjebak.(Metro TV/Gusri Elfaishal.)

SEEKOR harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) masuk kandang jebakan milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) di Jambak, Nagari atau Desa Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Minggu (4/2) dini hari.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar Antoni Vevri didampingi Kepala Resor Konservasi Wilayah I Panti BKSDA Sumbar Ade Putra di Lubuk Sikaping, Minggu, mengatakan harimau sumatra masuk kandang jebak di sekitar kebun pinang milik warga sekitar pada pukul 05.43 WIB.

Harimau sumatra masuk dalam kandang jebak diketahui oleh petugas saat memeriksa kandang jebak yang kami pasang semenjak beberapa hari lalu. 

Baca juga : Jaga Harimau Sumatra, Masyarakat Adat Pasaman Barat Bentuk Community Patrol

Evakuasi harimau tersebut menggunakan kandang transpor dan rencananya dibawa malam ini ke Balai Konservasi Satwa di Kebun Binatang Bukittinggi.

Warga terlihat berdatangan untuk melihat secara dekat harimau yang memakan ternak warga.

Kepala BKSDA Pamasan Ade Putra mengatakan penanganan konflik satwa dengan manusia dilakukan semenjak 2 Januari 2024, setelah ternak berupa sapi dimangsa satwa dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Baca juga : Ini 3 Penyebab Harimau ke Luar Hutan

BKSDA Sumbar memasang tiga kandang jebak dan setiap kandang jebak dipasang kamera jebak untuk memantau keberadaan satwa itu, selain menggunakan drone thermal pada malam dan siang hari.

Dari pemeriksaan sementara harimau ini berjenis kelamin betina diperkirakan sudah dewasa. Untuk evakuasi, harimau ini telah dilakukan pembiusan oleh petugas BKSDA. (Z-2)

Baca juga : Cinta Harimau tidak Berarti Memelihara sang Raja Rimba di Rumah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat