visitaaponce.com

Tanggul Jebol Lumpuhkan Jalur Pantura Demak, Macet Sampai 10 Kilometer

Tanggul Jebol Lumpuhkan Jalur Pantura Demak, Macet Sampai 10 Kilometer
Air bah yang datang secara tiba tiba di jalur Pantura Demak, membuat ratusan kendaraan kecil dan besar terjebak macet hingga berjam-jam.(Metro TV)

JEBOLNYA tanggul Sungai Wulan menyebabkan jalur Pantura dari Demak menuju Kudus dan sebaliknya lumpuh pada Kamis (8/2) siang. Banjir merendam jalur pantura hingga ketinggian setengah meter. Kemacetan tak terhindarkan.

Selain melumpuhkan jalur transportasi nasional, banjir juga membuat perekonomian di Pasar Karanganyar demak terhenti karena terendam banjir hampir 1 meter. 

Sejumlah warga yang hendak menghindari banjir,sempat terjebak arus banjir yang deras, hingga anggota TNI harus berjibaku mengevakuasi warga.

Baca juga : Duh, Jalan Rusak Pantura Buat Pengusaha dan Sopir Rugi Besar

Tanggul jebol di Sungai Wulan berada tepat di samping Pasar Karangnyar, Demak, Jawa Tengah, membuat sejumlah warga nyaris terseret arus saat hendak menghindari banjir. Hal itu karena arus air yang kuat.

Beruntung petugas TNI yang diterjunkan dari Kodim Demak bertindak sigap dengan membantu mengevakuasi warga. 

Banjir yang melanda kecamatan Karanganyar, Demak akibat tanggul jebol juga membuat pengguna jalan yang hendak bepergian, terjebak banjir.

Baca juga : Hantam Jalan Berlubang Terendam Banjir, Truk Muatan Gabah Terguling

Peziarah tidak bisa pulang

Salah satu warga Wonosobo yang hendak berziarah ke Demak kebingungan karena belum tahu kapan akan pulang mengingat kendaraan yang ditumpangi berada di tengah kawasan banjir.

Sementara itu, menurut anggota TNI Kodim Demak, banjir yang melanda Pantura Demak sedalam setengah meter akibat jebolnya 2 titik tanggul sungai wulan, tepatnya di desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar.

Di jalur Pantura Demak menuju Kudus yang lumpuh, hanya terlihat satu-dua truk berukuran besar yang berani melintas. Sedangkan minibus dan motor yang nekat melintas, mogok di tengah jalan.

Baca juga : Awas, Gelombang Tinggi di Laut Jawa dan Rob Kembali Terjadi Pantura Jateng

Tanggul jebol terjadi sekitar pukul 6 pagi dan kini kedalaman air terus bertambah.

Air bah yang datang secara tiba tiba membuat ratusan kendaraan kecil dan besar terjebak macet hingga berjam-jam. Terlihat kemacetan mengular hingga 10 km. 

Untuk menghindari terjebak kemacetan, Satlantas Polres Demak mengimbau semua kendaraan yang akan ke Kudus dan Surabaya untuk sementara melalui jalur alternatif, yaitu Trengguli, Jepara, dan Kudus. Jalur alternatif ini jaraknya sejauh hampir 30 km. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat