visitaaponce.com

27 Ribu Pemilih di Demak akan Ikuti Pemilu Susulan

27 Ribu Pemilih di Demak akan Ikuti Pemilu Susulan
Banjir terjadi di Demak saat Pemilu 2024 berlangsung pada Rabu (14/2).(MI/AKHMAD SAFUAN)

BANJIR yang melanda Kabupaten Demak, Jawa Tengah kian surut. Sebagian warga di pengungsian yang berasal dari tiga kecamatan yakni Karanganyar, Gajah, dan Mijen secara bertahap juga telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Diharapkan dalam beberapa hari ke depan seluruh warga telah kembali ke kediaman masing-masing setelah hampir 15 hari tinggal di pengungsian sehingga mereka bisa ikut pemilu susulan

"Kita telah menjadwalkan pemilu susulan digelar Sabtu (24/2) mendatang," kata Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono, Senin (19/2).

Baca juga : 12 TPS di Jakarta Gelar Pemilu Susulan pada 18 Februari

KPU Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan KPU Demak Bawaslu dan instansi terkait termasuk Polda dan TNI untuk pengamanan terhadap pemilu susulan di 114 tempat pemungutan suara (TPS) di 10 desa.

Pemilu 2024 di 114 TPS itu seharusnya digelar pada Rabu (14/2), namun ditunda karena banjir yang ketinggian airnya mencapai 0,5-2 meter.

"Ada lebih 27.000 pemilih yang belum dapat mengambil hak pilihnya pada pemilu ini, karena mereka tersebar di puluhan titik lokasi penampungan baik di Demak maupun Kudus," ujar Hendi Tri Ujiono.

Baca juga : Banjir Demak, Petugas TPS Pemilu 2024 Jadi Relawan

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Satake Bayu Setianto secara terpisah mengatakan untuk pemilu susulan, telah disiapkan 228 anggota polisi dan 57 anggota TNI untuk melakukan pengamanan di ring dua dan ring tiga.

"Untuk ring satu pelaksanaan dilakukan sepenuhnya oleh petugas pemungut suara setempat, jadi setiap TPS ada 2 polusi dan satu TNI yang akan melakukan pengawalan," ujar Satake. (Z-6)

Baca juga : 108 TPS Tunda Pemilu Akibat Banjir Demak

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat