visitaaponce.com

26 Warga Meninggal Dunia dalam Bencana Banjir dan Longsor Sumatra Barat, 11 Masih Hilang

26 Warga Meninggal Dunia dalam Bencana Banjir dan Longsor Sumatra Barat, 11 Masih Hilang
Petugas BPBD Padang mengevakuasi warga di Jalan DPR, Dadok Tunggul Hitam, Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/3/2024)(Antara)

BENCANA banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumatra Barat sejak Kamis (7/3) telah menimbulkan dampak serius. Data terbaru dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, per Senin (11/3) pagi, mencatat bahwa 26 orang telah meninggal dunia dan 11 orang masih dinyatakan hilang akibat kejadian tersebut.

Kejadian banjir dan longsor ini tersebar di 11 kabupaten dan kota di Sumatra Barat, yang memengaruhi sekitar 39.000 jiwa. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan bahwa 871 unit rumah mengalami kerusakan, dengan ribuan lainnya mengalami kerusakan sedang dan ringan. Akibatnya, sebanyak 8.877 orang terpaksa mengungsi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto telah bergerak menuju Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat pada Senin pagi untuk meninjau secara langsung penanganan darurat dan dampak bencana hidrometeorologi yang melanda wilayah tersebut.

Baca juga : BNPB: Satu Orang Meninggal akibat Banjir di Manado

"Kepala BNPB memimpin rapat koordinasi dan evaluasi penanganan banjir dan longsor di Provinsi Sumatra Barat. Rapat koordinasi tersebut akan dilangsungkan di Kantor Gubernur Sumatra Barat, Kota Padang pada pukul 13.00 WIB," kata Abdul Muhari.

Setelah memimpin rapat koordinasi, Kepala BNPB dijadwalkan untuk meninjau lokasi terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Padang Pariaman. Selama kunjungan kerja tersebut, Kepala BNPB juga akan menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP), logistik, dan peralatan guna mendukung percepatan penanganan bencana di wilayah Sumatra Barat.

Bencana ini menjadi fokus penanganan darurat dan solidaritas nasional, dengan harapan dapat mempercepat pemulihan dan membantu warga yang terdampak mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh banjir dan longsor tersebut. Pemerintah bersama tim penanggulangan bencana terus berupaya memberikan bantuan secepat mungkin untuk meredakan penderitaan masyarakat yang terkena dampak. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat