visitaaponce.com

14 Sekolah di Sumba Timur Peroleh Bantuan Pendidikan YPA-MDR

14 Sekolah di Sumba Timur Peroleh Bantuan Pendidikan YPA-MDR
Sebanyak 14 sekolah di Kabupaten Sumba Timur, NTT, memperoleh Program Bantuan Pendidikan berupa pembinaan.(Dokpri)

SEBANYAK 14 sekolah di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memperoleh Program Bantuan Pendidikan berupa pembinaan sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan sehingga berstatus mandiri dan unggul. Ini diperoleh setelah Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada Kamis (14/3) melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. 

Program itu merupakan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pemerintah kabupaten melalui dinas pendidikan setempat, para guru, komite sekolah, dan orangtua siswa. "Kami berharap kolaborasi Astra melalui YPA-MDR dengan pemerintah Kabupaten Sumba Timur untuk membina 14 sekolah menjadi bukti nyata kontribusi Astra dalam mentransformasi kualitas dan mendorong pencapaian prestasi sekolah, sehingga berperan sebagai batu loncatan untuk memajukan Kabupaten Sumba Timur," ujar Chief of Corporate Affairs Astra sekaligus Ketua Pengawas YPA-MDR Riza Deliansyah dalam keterangan tertulis, Jumat (15/3).

YPA-MDR dengan dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur akan membina SDN Wera, SDN Maujawa, SDN Menggit Timbi, SDI Laipori, SDI Walakiri, SDN Watumbaka, SDI Kawangu 1, SDI Kawangu 2, SDN Praikalokat, SDN Palindi, SMPN 1 Pandawai, SMPN 2 Pandawai, SMPN 3 Pandawai, dan SMKN 1 Pandawai. YPA-MDR merumuskan berbagai rencana program yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka program pemerintah pusat dengan tujuan mengakselerasi pertumbuhan kualitas pendidikan dalam aspek akademik, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya lokal bagi para guru serta siswa.

Selain itu, kolaborasi YPA-MDR dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberian fasilitas, sumber daya, program-program yang bertujuan menyadarkan pentingnya pendidikan dan mengoptimalkan kompetensi para guru serta staf pendidikan melalui pelatihan yang dilengkapi pendampingan intensif. Pada acara ini, Astra melalui YPA-MDR memberi donasi berupa satu laptop untuk masing-masing sekolah binaan sebagai simbol awal kerja sama dengan para kepala sekolah di Kabupaten Sumba Timur sehingga mendukung transformasi digital sistem pendidikan.

"Pembinaan yang dilakukan oleh YPA-MDR di Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis di Indonesia sehingga memberi peluang yang sama bagi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan," ungkap Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim. Melalui perluasan ini, YPA-MDR membina 54 sekolah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari 11 sekolah di Borong, 16 sekolah di Rote, 13 sekolah di Kupang, dan 14 sekolah di Sumba. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat