visitaaponce.com

Kepala Sekolah dan Guru Sumba Timur Ikuti Pembinaan Karakter

Kepala Sekolah dan Guru Sumba Timur Ikuti Pembinaan Karakter
Ilustrasi.(Freepik)

PARA kepala sekolah dan guru di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjalani pembinaan empat pilar yaitu akademik, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya. Pembinaan ini bertujuan membentuk nilai moral dan budi pekerti agar menghasilkan peserta didik yang berkarakter baik sesuai dengan ajaran leluhur Bangsa Indonesia.

Pembinaan itu dalam bentuk seminar motivasi untuk 14 sekolah binaan di Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, pada Senin (20/5). Eko Cahyono Tjia selaku Trainer dan Pimpinan Umum Quantum Edukasindo Paradigma mengisi seminar yang digelar Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR). 

"Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini karena dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Pandawai. Kami berharap ilmu yang didapatkan dapat ditularkan ke sekolah-sekolah di kecamatan lain sehingga kualitas pendidikan di Sumba Timur dapat meningkat," ucap Asisten 1 Kabupaten Sumba Timur Dominggus Hina Kondanamu dalam pernyataannya.

Baca juga : PGRI Flotim Buka Layanan Pengisian E-Kinerja di Platform Merdeka Belajar

Pada pilar karakter, YPA-MDR berpegang teguh pada prinsip cermat, dinamis, antusias, dan sinergis yang disingkat sebagai Cerdas berperan sebagai landasan dasar bagi karakter para guru dan kepala sekolah binaan. Cermat ialah bekerja dengan cerdas untuk mencapai hasil terbaik melalui solusi yang efektif dan efisien. Dinamis ialah kemampuan untuk beradaptasi pada kondisi apapun dengan menghasilkan kerja yang inovatif dan konsisten. 

Antusias ialah memiliki tekad dan semangat positif untuk menuntaskan segala hal yang ditempuh. Sinergis ialah berkolaborasi sekaligus menghormati, membangun pengertian, menghargai, dan memercayai satu sama lain. 

"Kami berharap para kepala sekolah dan guru binaan Kabupaten Sumba Timur dapat mewujudkan cita-cita yayasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan anak-anak bangsa yang cerdas," ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim. Saat penghujung acara, ia menyerahkan 35 laptop, khususnya 14 laptop dari YPA-MDR dan 21 laptop dari Corporate Informations System and Technology (CIST) Astra untuk diberikan kepada masing-masing kepala sekolah sebagai bentuk dukungan transformasi sistem pembelajaran yang digital dan interaktif. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat