visitaaponce.com

Banjir Hancurnya Sejumlah Destinasi Wisata di Jawa Tengah

Banjir Hancurnya Sejumlah Destinasi Wisata di Jawa Tengah
Rehabilitasi Pantai Telukawur Jepara yang hancur akibat diterjang banjir(MI/Safuan)

JELANG lebaran daerah di Jawa Tengah mulai membenahi destinasi wisata. Terutama desinasi wisata yang terendam banjir, menyusul akan ada jutaan pemudik lebaran yang memanfaatkan pulang kampung untuk melancong.

Saat ini banjir berangsur surut, namun meninggalkan beberapa kerusakan infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Di mana nilai kerugian mencapai ratusan miliar dan butuh waktu untuk pemulihan. 

Berdasarkan pantauan Media Indonesia, banjir di Demak selain merendam kawasan Masjid Agung Demak, makan para raja, komplek Pemakaman Sunan Kalijaga di Kadilangu, yang menjadi destinasi wisata religi.

Baca juga : 18,23 juta Orang Diprediksi Bergerak ke Jawa Tengah Saat Lebaran dan Perputaran Uang Mencapai Rp14 Triliun

Destinasi wisata yang paling parah terdampak parah akibat banjir ini ialah Pantai Mor, Kecamatan Sayung, Demak yang juga satu paket dengan Hutan Mangrove Morosari dan wisata religi Makam Syekh Mudzakir. 

"Banyak fasilitas wisata rusak akibat banjir di Demak ini," ujar Kuswanto, 52, penggiat wisata di Demak.

Di Kudus, akses jalan ke komplek Masjid Menara Kudus dan malam Sunan Kudus juga mengalami kerusakan yang cukup berat. 

Baca juga : Banjir di Demak dan Kudus Belum Surut, Pengungsi Terus Bertambah

Kerusakan juga terjadi di Pantai Telukawur di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Dibutuhkan anggaran ratusan juta untuk dapat memulihkan seperti lokasi spot foto, puluhan pohon roboh, gerbang utama hancur, wahana, dan 50 warung UMKM yang rusak.

"Kerusakan obyek wisata Pantai Telukawur akibat diterjang banjir sangat parah, Setidaknya butuh tanah  anggaran ratusan juta untuk memperbaiki," ujar Camat Tahunan Jepara Nuril Abdillah.

Senada, Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko akan segera mengelontorkan bantuan untuk memperbaiki Pantai Telukawar. Bantuan juga akan turun dari kementerian kelautan. 

Baca juga : Jumlah Pengungsi Banjir Kudus Capai 5.041 Orang

"Saat lebaran nanti pantai ini menjadi salah satu destinasi andalan," imbuhnya.

Bupati Demak Eisti'anah mengungkapkan segera melakukan langkah untuk kembali membenahi destinasi wisata religi yang terendam beberapa waktu lalu. 

"Saat libur lebaran, destinasi wisata religi di daerah ini menjadi tempat paling banyak dikunjungi pemudik, sehingga perbaikan harus dilakukan secepatnya," ujar Eisti'anah.

Baca juga : Ribuan Ha Sawah Kembali Terancam Gagal Panen Akibat Banjir di Jawa Tengah

Sementara di Kota Semarang, destinasi Kota Lama, musim dan stasiun kereta api yang terendam hingga 20-50  centimeter.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga langsung memerintahkan instansi terkait untuk mengatasi banjir dan membenahi berbagai fasilitas yang rusak baik hangha pendek, menengah maupun panjang terutama destinasi wisata. 

"Langsung kita lakukan pembenahan kembali, apalagi destinasi wisata itu andalan daerah ini," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat