visitaaponce.com

11 KabupatenKota di Kalsel Rasakan Gempa Tuban

11 Kabupaten/Kota di Kalsel Rasakan Gempa Tuban
Sebanyak 11 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan merasakan dampak dari gempa Tuban yang berkekuatan 5,9 Skala Richter.(BMKG)

GUNCANGAN akibat gempa bumi yang terjadi di Tuban, Jawa Timur berkekuatan 5,9 skala richter pada Jumat (22/3), terasa di 11 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meminta masyarakat waspada ancaman gempa susulan.

Berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, dampak gempa Tuban dirasakan masyarakat di 11 kabupaten/kota Kalsel berupa getaran dan guncangan. BMKG mencatat terjadi sedikitnya 22 kali gempa susulan dan tertinggi berkekuatan 6,5 magnitudo.

Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan bangunan, korban jiwa maupun sarana prasana fisik lainnya. 

Baca juga : Gempa Tuban Juga Terasa di Sebagian Wilayah Kalsel

"Kita meminta masyarakat untuk tetap tenang, namun harus mewaspadai kemungkinan gempa susulan yang bisa terjadi," tutur Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Sabtu (23/3).

Kalsel sudah beberapa kali diguncang gempa bermagnitudo rendah. BPBD Kalsel sejak peristiwa gempa pertama pada 13 Februari 2024 telah meningkatkan kesiapsiagaan di seluruh wilayah. 

"Kita telah melakukan kerjasama penguatan mitigasi gempa serta perjanjian kerjasama di bidang mitigasi bencana bersama BMKG," kata Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah.

Baca juga : Tanah Bumbu Dilanda Gempa M 7,4, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Sementara Kepala Stasiun Geofisika Kelas III BMKG Balikpapan, Rasmid menjelaskan gempa bumi yang terjadi di Kalsel merupakan gempa tektonik kategori rendah dan tidak berpotensi stunami. 

"Gempa yang terjadi merupakan afek guncangan gempa yang terjadi di Timur Laut Tuban, Jawa Timur," terangnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,92° LS ; 112,35° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 114 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur kedalaman 12 km. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat