visitaaponce.com

Microsleep Sopir Diduga Sebabkan Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah di Tol Batang

Microsleep Sopir Diduga Sebabkan Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah di Tol Batang 
Ilustrasi: kecelakaan maut melibatkan Grand Max, Bus Primajasa dan Teriosterjadi di KM 58.600 jalur B arah Cikampek-Jakarta(Dok.Basarnas)

TIM Traffic Accident Analysis (TAA) Korlantas Polri langsung menuju ke lokasi kecelakaan maut di KM 370 A Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah. Tim TAA terjun ke lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan tunggal KBM PO. Rosalia Indah berpelat AD 7019 OA.

"Olah TKP sedang berlangsung dari tim TAA Polda Jateng dan Polres untuk menentukan penyebab peristiwa kejadian kecelakaan itu," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam keterangan tertulis, Kamis, 11 April 2024.

Aan mengatakan berdasarkan fakta di lapangan belum ditemukan jejak rem. Kemudian, sopir bus mengaku sedang lelah.

Baca juga : Kebijakan One Way di Cipali-Kalikangkung Diperpanjang Hingga Selasa Siang

"Artinya kemungkinan terjadi microsleep di TKP, sehingga terjadi kecelakaan tunggal," ujar jenderal bintang dua itu.

Kecelakaan tunggal ini terjadi tadi pagi pukul 06.30 WIB. Insiden maut terjadi saat bus berjalan dari arah barat ke timur, di lajur kiri. Sesampainya di KM 370 + 200 jalur A, pengemudi mengantuk. Sehingga, keluar dari jalan masuk ke parit sepanjang 200 meter.

Bus Rosalia Indah membawa 34 orang, 2 kru bus dan 32 penumpang. Dari 34 orang, 7 di antaranya tewas, dan 13 orang luka-luka.

Korban luka masih dirawat di IGD RSI Weleri. Sementara itu, 12 orang lainnya selamat, termasuk sopir. Polisi tengah mengecek kesehatan sopir untuk menyelidiki dugaan kelalaian dalam insiden ini. (Yon/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat