visitaaponce.com

Operasi Jagratara untuk Cegah Pelanggaran Orang Asing

Operasi Jagratara untuk Cegah Pelanggaran Orang Asing
Petugas Kantor Imigrasi kelas I TPI Palu Kemenkumham Sulteng menggelar Operasi Jagratara untuk memeriksa dokumen keimigrasian.(DOK IMIGRASI PALU)

KANTOR Imigrasi kelas I TPI Palu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, menggelar Operasi Jagratara. 

Kegiatan itu, bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan penegakan hukum demi menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Tim keimigrasian yang dipimpin Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan, Baskoro Dwi Prabowo melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap karyawan asing PT HongThai International di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu pada Kamis (2/5) lalu.

Baca juga : Imigrasi Palu Musnahkan 6.221 Lembar Arsip Substantif Keimigrasian

“Pada perusahaan yang bergerak di industri pengolahan getah karet tersebut, tim melakukan pemeriksaan secara mendetail apakah semuanya telah tertib dan jauh dari pelanggaran keimigrasian,” terang Baskoro dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Minggu (5/5).

Untuk menjaga kepatuhan terhadap regulasi imigrasi, manajemen PT HongThai International sepakat untuk berkolaborasi secara intensif bersama Kantor Imigrasi kelas I Palu.

“Kolaborasinya sebelum mengambil langkah-langkah terkait keimigrasian. Sehingga perusahaan bisa tertib dan jauh dari pelanggaran keimigrasian,” imbuhnya.

Baca juga : Kemenaker Turunkan Pengawas Ketenagakerjaan, Tindaklanjuti Kecelakaan Kerja di Morowali

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menekankan pentingnya penegakan hukum imigrasi untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Ia menjelaskan, operasi Jagratara yang berarti selalu waspada, merupakan program prioritas nasional tersebut bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi berlaku.

“Operasi Jagratara merupakan wujud komitmen Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara melalui penegakan hukum imigrasi efektif,” ungkapnya.

Hermansyah mengapresiasi kolaborasi telah dibangun bersama dengan PT HongThai International, ia meminta agar seluruh jajaran keimigrasian senantiasa teliti serta humanis dalam pengawasan dan pelayanan.

“Sangat baik tentu, kita semua mau agar kolaborasi baik tersebut terus dipupuk sehingga menghasilkan pelbagai terobosan inovasi hingga prestasi tentunya berdampak bagi kemajuan bangsa kita,” pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat