visitaaponce.com

Dampak Banjir Bandang di Sumbar 35 Orang Tewas dan 19 Lainnya Masih Hilang

Dampak Banjir Bandang di Sumbar: 35 Orang Tewas dan 19 Lainnya Masih Hilang
Banjir bandang di Sumatera Barat(Medcom/Bonar Harahap)

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Barat telah merilis dampak dari bencana banjir bandang yang melanda tiga daerah di Sumbar pada Sabtu malam (11/5) lalu. Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengumumkan ,pada Senin (13/5) siang bahwa data sementara menunjukkan jumlah korban jiwa telah bertambah menjadi 35 orang, sementara 19 orang masih dalam pencarian.

Total masyarakat yang terdampak mencapai 2.238 orang, dengan 269 unit rumah rusak dari total 302 unit rumah yang terdampak. Fasilitas umum juga mengalami kerusakan signifikan, termasuk 3 unit sarana pendidikan, 1 unit sarana kesehatan, dan 9 tempat ibadah.

Selain itu, BPBD mencatat kerusakan pada 1 unit kantor dan 2 unit kios warga. Terdapat juga 17 saluran irigasi yang rusak, 1 bidang penguat tebing sungai yang rusak, serta 9 jembatan perlintasan masyarakat yang putus. Lebih lanjut, sekitar 120 meter jalan juga terdampak oleh banjir bandang ini.

Dampak bencana juga dirasakan pada sektor pertanian dan peternakan, dengan 12 ekor hewan ternak warga yang mati dan 150 hektar lahan pertanian masyarakat yang terdampak.

"Data ini masih sementara dan akan terus diperbarui secara berkala," kata Gubernur Mahyeldi Ansharullah. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat