visitaaponce.com

KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kalsel

KPU Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kalsel
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. 

Peluncuran Pilkada serentak 2024 berlangsung, Senin (27/5) malam di lapangan Murjani Kota Banjarbaru. Peluncuran Pilkada dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa yang ditandai penampilan maskot Pilkada 2024 Si Botan.

Si Botan merupakan singkatan dari berbudaya, kolaboratif, loyal, dan harmonis. Si Botan berwujud hewan Bekantan menggunakan penutup kepala (lahung) yang melambangkan ciri khas budaya suku Banjar. Acara juga dimeriahkan dengan pemutaran jingle Ayo Memilih dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak 2024.

Baca juga : KPU Ingin Pilkada Serentak 2024 Lebih Cepat, Bukannya Ditunda

Ketua KPU Kalsel, Andi Tenri Sompa mengajak seluruh masyarakat di Kalsel agar berpartisipasi mensukseskan Pilkada dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024 untuk mencoblos calon gubernur dan wakil gubernur, calon bupati dan wakil bupati, serta calon wali kota dan wakil wali kota pilihannya.

"Keberhasilan Pilkada sangat tergantung dari partisipasi masyarakat. Peluncuran maskot pilkada ini sebagai tahapan sosialisasi Pilkada itu sendiri," tuturnya. 

Lebih jauh ia mengatakan pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg 2024 di Kalsel yang lalu cukup berhasil, tidak ada kendala dan bisa berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan tahun ini merupakan pelaksanaan pesta demokrasi terbesar di seluruh Indonesia karena diselenggarakan pemilu dan pilkada secara serentak di berbagai provinsi, kabupaten, dan kota. Acara peluncuran Pilkada serentak 2024 Kalsel ini juga menampilkan acara hiburan musik band dan musisi daerah dan nasional. (DY/P-5)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat