visitaaponce.com

Lamongan Mulai Waspadai Kekeringan

Lamongan Mulai Waspadai Kekeringan
Ilustrasi waduk di Kabupaten Lamongan(MI/HERI SUSETYO)

AWAL musim kemarau, Pemkab Lamongan, Jatim, mewaspadai potensi krisis air bersih di wilayahnya. Meski demikian hingga saat ini belum ada wilayah yang mengajukan dropping air. Hal ini karena debit air waduk maupun embung di kawasan setempat masih menyisakan debit air. 

"Iya betul. Kita sudah memasuki waspada kekeringan," kata Juru Bicara Pemkab Lamongan, Sugeng Widodo, Rabu (29/5) siang.

Menurut dia, untuk memastikan dampak potensi kekeringan Pemkab Lamongan melalui BPBD setempat telah melakukan pemantauan dan koordinasi dengan sejumlah kawasan yang tiap tahun mengalami krisis air bersih.

Baca juga : BPBD Gunungkidul telah Salurkan 22 Juta Liter Air Bersih

Hal ini dilakukan agar dampak kekeringan bisa segera teratasi dengan pengiriman air bersih. 

"Tapi sejauh ini belum ada kawasan yang terdampak kekeringan, " tandasnya.

Ia mengungkapkan saat ini, debit sejumlah waduk besar maupun rawa dan embung masih memiliki debit air. Dengan demikian, warga bisa memanfaatkan air pada waduk, rawa maupun embung yang masih ada airnya untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga : Waduk Jatiluhur Berada di Level Kritis, Air Susut Sampai 14 Meter

Seperti diketahui, ada sedikitnya 167 desa yang tersebar di 13 kecamatan berpotensi mengalami krisis air bersih. Tahun lalu misalnya, dampak El-Nino mengakibatkan belasan kecamatan tersebut mengalah krisis air bersih.

Di antaranya, kecamatan yang berada di wilayah selatan dan tengah di Kabupaten Lamongan. Antara lain, Kecamatan Mantub, Sugio, Sambeng, Tikung, Kembang bahu, Kedungpring, Deket, Modo, Ngimbang, Biluluk dan Lamongan.

Bahkan, dampak kekeringan yangterjadi pada tahun lalu memaksa Pemkab Lamongan mengumumkan status darurat kekeringan. Ini karena sejumlah wilayah tersebut mengalami krisis air bersih dalam kategori kering kritis dan langka. (YK/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat