visitaaponce.com

Sabet Emas, Tim MTB Sukses Maksimalkan Komposisi

Sabet Emas, Tim MTB Sukses Maksimalkan Komposisi
Kepala pelatih tim balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo menyebut strategi dan kerja keras atlet menjadi kunci keberhasilan tim MTB.(Dok.PB ISSI)

TIM nasional (Timnas) balap sepeda Indonesia di nomor MTB menyumbangkan medali emas ketiga pada SEA Games 2023 Kamboja, Minggu (7/5). Kepala pelatih tim balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo menyebut strategi dan kerja keras atlet menjadi kunci keberhasilan kali ini. 

Tim balap sepeda harus memperhitungkan komposisi yang diturunkan karena nomor MTB hanya tampil dengan enam atlet. Timnas diperkuat Feri Yudoyono, Zaenal Fanani, Sayu Bella Sukma Dewi, dan Dara Latifah yang turun pada nomor Mixed Cross Country Relay (XCR) di Kulen Mountains, Siem Reap.

Mereka meraih emas setelah mencatatkan waktu tercepat yakni 50 menit 11 detik. Indonesia mengalahkan Thailand yang meraih perak dengan catatan waktu 51 menit 44 detik, sedangkan perunggu menjadi milik Filipina.

Baca juga: Tim Beregu Bulu Tangkis Putra Pastikan Tiket Semifinal

"Semua tim sebelum lomba saling mengintip atlet yang diturunkan dan posisinya. Sebab, itu akan menentukan keberhasilan dan kesuksesan sebuah tim," kata Dadang.

"Dari segi jumlah tim Indonesia terbatas. Kalau tim lain mempersiapkan secara khusus pebalap mereka untuk Cross Country Olympic (XCO), XCR, dan Cross Country Eliminator (XCE). Kalau kami harus memanfaatkan secara maksimal enam pebalap," tambahnya.

Baca juga: Indonesia Tambah Medali Emas dari MTB dan Vovinam

Tim balap sepeda MTB sejauh ini sudah mengemas tiga emas dan satu perak. Sehari sebelumnya pada nomor XCO putri Sayu Bella Sukma Dewi sukses menyabet emas.

Nomor XCO putra juga menyumbang emas melalui Feri Yudoyoni dan perak dari Zaenal Fanani. Sejatinya, Indonesia menyapu bersih peringkat pertama hingga ketiga.

Hanya saja, Ihza Muhammad yang finis di peringkat ketiga harus merelakan perunggu kepada pebalap asal Kamboja yang finis di posisi keempat. Itu lantaran sesuai aturan dalam lomba satu negara tidak bisa menyapu bersih medali. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat