visitaaponce.com

Indonesia tak Terganggu Kekalahan Terakhir di Fase Grup

Indonesia tak Terganggu Kekalahan Terakhir di Fase Grup
Atlet bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie saat melawan Kunlavut Vitidsarn dari Thailand di Piala Sudirman 2023.(WANG Zhao / AFP )

INDONESIA menjadi runner-up grup B Piala Sudirman 2023 setelah dikalahkan Thailand dengan 2-3 di laga terakhir fase grup di Indoor Arena, Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou, Tiongkok, Kamis (15/5). Tantangan berat akan dihadapi tim merah putih di perempat final karena harus menghadapi juara grup lain yang akan ditentukan malam nanti.

Kekalahan pertama dialami ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emmanuelle Widjaja. Mereka dikalahkan pasangan peringkat tiga dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanatchai dengan 17-21 dan19-21.

Jonatan Christie yang diharapkan mampu menyamakan skor di laga kedua belum mampu menunjukkan permainan terbaiknya. Pemain peringkat enam dunia ini dikalahkan Kunlavut Vitidsarn dengan 21-12, 12-21 dan 20-22.

Baca juga: Rehan/Lisa Mengaku Bisa Raih Emas SEA Games 2023 karena Bermain Tenang

"Saya sebenarnya sudah mempersiapkan diri dengan baik. Tetapi inilah hasilnya. Saya sudah berusaha, meski akhirnya kalah. Cuma lawan memang bermain baik. Terus terang tidak mudah bermain lawan dia," kata Jonatan.

Sementara, di pertandingan ketiga, Putri Kusuma Wardani harus mengakui keunggulan Pornpawee Chochuwong, 21-15, 14-21, 17-21. Sempat unggul 11-6 di set ketiga, lawan berhasil membalikkan keadaan menjadi 16-17, dan mempertahankannya hingga akhir.

Baca juga: Indonesia Amankan Tiket Delapan Besar Piala Sudirman

Indonesia membuka skor melalui Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di partai keempat. Ganda putra peringkat 1 dunia itu mengalahkan Supak Jomkoh/Kedren Kittinupong dengan 21-11 dan 21-19.

Tertinggal 1-3 juga tidak mengendurkan pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti untuk mengalahkan Jongkolphan Kittitharakul/Rawinda Prajongjai dengan 21-17, 19-21 dan 21-13. Skor akhir pun menjadi 2-3.

"Walaupun Indonesia ketinggalan 0-3, saya tidak mau lengah. Kami tetap fight untuk menyelesaikan pertandingan," kata Fajar.

Kapten Indonesia di Piala Sudirman itu menegaskan hal yang lebih penting adalah telah memastikan terlebih dahulu dapat bermain di babak perempat final. Terkait lawan yang akan dihadapi, Fajar mengaku tidak mau ambil pusing dan siap untuk menghadapi siapa saja lawannya.

"Soal lawan di perempat final, kami belum tahu. Namun, yang jelas, siapa saja lawannya, kami siap menghadapi," ujarnya.

Di babak perempat final nanti, Indonesia berpeluang bertemu dengan Korea, Malaysia, dan pemenang antara China dan Denmark. Nantinya, calon lawan akan dipilih melalui pengundian. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat