visitaaponce.com

Menang MotoGP Italia, Bagnaia Mendominasi Mugello

Menang MotoGP Italia, Bagnaia Mendominasi Mugello
Jorge Martin (kiri), Francesco Bagnaia (tengah), dan Johann Zarco, merayakan kemenangannya di MotoGP Italia, Minggu (11/6).(AFP/FILIPPO MONTEFORTE )

PEBALAP Francesco Bagnaia memenangi MotoGP Italia untuk memperpanjang keunggulannya di kejuaraan dunia dan menyelesaikan akhir pekan terbaik di trek kandang Ducati.

Kemenangan balapan hari Minggu (11/6) mengikuti kesuksesan sprint juara dunia 24 jam sebelumnya setelah meraih posisi terdepan untuk kedua acara tersebut dengan catatan waktu lap di kualifikasi.

Itu menjadi kemenangan ketiganya di 2023 setelah Portugal dan Spanyol semakin memperlebar jarak antara dirinya dan Marco Bezzecchi, rival terdekatnya di klasemen yang harus puas di urutan kedelapan.

Baca juga : Raih Pole Position, Bagnaia Pecahkan Rekor Lap Tercepat di Mugello

Jorge Martin mengambil tempat kedua dengan Johann Zarco menyelesaikan podium semua-Ducati untuk putaran keenam musim di Mugello.

Bagnaia menyenangkan penggemar tuan rumah dengan merayakannya di meja piknik yang didirikan dengan tergesa-gesa, ditutupi dengan taplak merah Ducati, di depan tribun. "Saya tidak mengharapkan balapan seperti ini," dia berseri-seri.

Baca juga : Dovizioso Masuk Hall of Fame MotoGP

"Pekerjaan selesai, sekarang kita pindah ke Jerman minggu depan tapi mari nikmati momen ini, ini adalah salah satu akhir pekan terbaik dalam hidup saya."

Jack Miller berhasil melewati Bagnaia dari grid tetapi juara dunia itu kembali di depan pada tikungan kedua, pebalap Italia yang menang di lintasan tahun lalu menunjukkan bahwa dia bersungguh-sungguh setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Prancis di Le Mans bulan lalu.

Martin muncul dari kelompok pengejar untuk melacak Bagnaia, setengah detik membelah pasangan itu.

Bezzecchi berjuang untuk kecepatan di Ducati dari tim VR46 Valentino Rossi. Dengan 18 lap tersisa, Marc Marquez tersingkir.

Juara dunia enam kali itu melambaikan tangannya dengan frustrasi pada Honda yang jatuh saat penantiannya untuk mendapatkan poin pertamanya dalam balapan musim ini berlanjut.

Dengan Bagnaia berlayar pulang, Miguel Oliveira bergabung dengan Marquez untuk tersingkir, Alex Marquez mengikutinya dengan sembilan lap tersisa.

Di depan Bagnaia memperluas keunggulannya atas Martin hingga lebih dari satu detik untuk mengambil bendera kotak-kotak di trek lokal tim Ducati di perbukitan Tuscan.

Ini adalah kemenangan balapan ketiganya musim ini untuk menambah kesuksesan tiga sprintnya dan itu mengangkatnya menjadi 131 poin, unggul 21 poin dari Bezzecchi.

Seri Moto-GP akan berlanjut ke Jerman akhir pekan depan dan kemudian Assen pada minggu berikutnya sebelum jeda musim panas. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat