visitaaponce.com

Max Verstappen Lanjutkan Dominasi dengan Kemenangan di Balapan Sprint Grand Prix Belgia

Max Verstappen Lanjutkan Dominasi dengan Kemenangan di Balapan Sprint Grand Prix Belgia
Pembalap MaxVerstappen mendominasi balapan sprit di Belgia. Meski balapan ditunda dua kali karena lintasan basa akibat cuaca buruk.(AFP)

MAX Verstappen berhasil memenangkan balapan sprint yang seru di Belgia. Namun ia harus melewati bintang muda Australia, Oscar Piastri, untuk mempertahankan dominasi prestasinya.

Kemenangan sang juara dunia ganda dalam kondisi trek yang mulai mengering di Spa yang sebelumnya basah karena hujan, memperluas keunggulan poinnya menjadi 118. Pembalap McLaren, Piastri, finis di posisi kedua, sementara Pierre Gasly dari Alpine yang menghadapi krisis finansial, finis di posisi ketiga.

Balapan ini mengalami penundaan selama 30 menit karena cuaca yang buruk, ditambah dengan penundaan selama 35 menit akibat penundaan kualifikasi sprint sebelumnya.

Baca juga : Pierre Gasly Merasa Tidak Aman Saat Balapan Sprint F1 Belgia 

Safety car memimpin putaran pembentukan lap. Tujuannya adalah untuk membersihkan semprotan air, yang mengimplikasikan bahwa balapan di trek basah tidak populer, setidaknya di trek seberbahaya Spa.

Untuk menambah absurditas, baik Verstappen maupun George Russell sudah meminta ban intermediate, bahkan sebelum safety car ditarik. Namun, balapan tetap tidak dimulai dengan serius.

Ketika akhirnya dimulai, meskipun dengan start berjalan, separuh grid masuk untuk mengganti ban menjadi intermediate sesegera mungkin. Verstappen, yang memulai dari posisi pole, tidak melakukannya. Ia tidak bisa benar-benar mengambil risiko karena posisi treknya.

Baca juga : Tidak Ambil Pusing Soal Penalti, Verstappen Fokus Jadi Juara di GP Belgia

Piastri, yang memulai dari posisi kedua, adalah salah satu dari mereka yang melakukannya. Keputusan itu memberi keunggulan bagi pembalap rookie berusia 22 tahun tersebut ketika Verstappen masuk pit satu lap kemudian - menghasilkan selisih 1,5 detik ketika Verstappen keluar dari pit.

Situasi di pitlane kacau balau dengan mobil-mobil yang berhamburan masuk pit. Red Bull melepaskan Verstappen sangat dekat di belakang Lando Norris dari McLaren hampir membuat kecelakaan.

Fernando Alonso saat memasuki tikungan kiri nomor 11 dan berputar ke kerikil. Safety car keluar lagi.

Baca juga : Verstappen Diganjar Penalti, Leclerc Raih Posisi Pole GP Belgia

Karena putaran pembentukan lap mengurangi durasi balapan, mengubah balapan dari 15 putaran menjadi 11 putaran, setiap insiden tambahan menjadi sangat tidak diinginkan.

Setelah jeda selama dua lap, aksi dilanjutkan. Ketangguhan Piastri langsung diuji oleh serangan balik Verstappen saat restart. Pemimpin kejuaraan tersebut mengikuti mangsanya di Eau Rouge dan melewati Piastri saat berada di Kemmel Straight.

Sementara itu, dalam perjuangan untuk posisi keempat, Hamilton berduel dengan Sergio Perez dari Red Bull. Keduanya bersenggolan. Hamilton tampaknya mendekati pembalap Meksiko tersebut, yang kemudian harus pensiun karena kerusakan, sebelum akhirnya berhasil melewati Perez di luar tikungan La Source.

Hamilton dikenai penalti lima detik karena kesalahannya tersebut, yang menurunkan posisinya dari posisi keempat menjadi posisi ketujuh. Rekan setim Hamilton, Russell, finis di posisi kedelapan, hanya terpaut sepuluh persen. Daniel Ricciardo finis di posisi ke-10 untuk menjaga performanya yang baik di AlphaTauri, meskipun hanya hampir meraih satu poin. (Dailymail/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat